ANALISIS PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR LEPAS DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Zuraya, Helva
dc.contributor.advisor Fitra Prisuna, Bayu
dc.contributor.author Rohana Pertama, Sri
dc.date.accessioned 2022-11-17T07:47:41Z
dc.date.available 2022-11-17T07:47:41Z
dc.date.issued 2020-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1751
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Metode dalam kegiatan pembelajaran di TK Islamiyah Pontianak melalui media gambar lepas; 2) keterampilan berbahasa pada anak melalui media gambar lepas di TK Islamiyah Pontianak; 3) kendala yang dihadapi oleh anak dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar lepas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini 5 orang guru yang merupakan guru kelas A, guru kelas dan guru pendamping kelas B2, guru kelas B4, guru kelas B5. Sumber data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen RPPH, lembar aktivitas belajar anak, penilaian hasil belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini mengadopsi model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data meliputi, uji kreabilitas, pengujian pengujian transferability, pengujian depenability dan pengujian konfermability. Penerapan metode bercerita menggunakan media media gambar lepas dalam kegiatan pembelajaran di TK Islamiyah Pontianak: 1) Pada kelas B untuk anak usia 5-6 tahun terdiri dari 6 pijakan, pijakan awal, Pijakan berkumpul, pijakan sebelum bermain, pijakan saat bermain, pijakan setelah bermain, pijakan akhir; 2) Keterampilan berbahasa anak kelas B usia 5-6 tahun melalui media gambar lepas pada aspek mendengarkan terdiri dari, melatih daya tangkap anak terhadap cerita, menambah perbendaharaan kosakata, aspek berbicara meliputi kemampuan verbal anak, anak belajar dengan cara yang menyenangkan. 3) Kendala yang dihadapi oleh anak menggunakan media gambar lepas adalah ketika guru bercerita dengan media gambar lepas, guru akan duduk terpaku di posisi depan, maka anak yang duduknya berada diposisi belakang sering kali ingin duduk paling depan dan menyebabkan terganggunya anak-anak yang lain akibatnya berkurangnya waktu pembelajaran menggunakan media gambar cerita. hal ini pun membuat anak-anak yang lain menjadi bosan karena menunggu terlalu lama. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Perkembangan berbahasa en_US
dc.subject media gambar lepas en_US
dc.title ANALISIS PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR LEPAS DI TK ISLAMIYAH PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account