dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang diangkat dalam penelitian:
1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan
edukatif dari barang bekas pada peserta didik 5-6 tahun di RA Nurul Muslimin, 2)
Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang
bekas pada peserta didik, 3) Evaluasi yang digunakan dalam pelaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai: 1)
Perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan
edukatif dari barang bekas pada peserta didik 5-6 tahun di RA Nurul Muslimin, 2)
Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang
bekas pada peserta didik 5-6 tahun di RA Nurul Muslimin, 3) Evaluasi yang
digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan
edukatif dari barang bekas. Untuk memperoleh gambaran data yang dibutuhkan maka
pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh di
lapangan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran dengan menyesuaikan jadwal
kegiatan yang sudah terprogram dalam RPPH terlebih dahulu, lalu menetapkan tujuan
pembelajaran, selanjutnya menyediakan media kupu-kupu dari kaset VCD bekas
dengan tema binatang kepada anak untuk mempermudah anak memahami apa yang
akan disampaikan guru. 2) Kegiatan awal, terlebih dahulu guru mengucapkan salam,
membaca doa sebelum belajar, membaca sholawat, membaca ayat kursi dan
bercakap-cakap tentang hari dan tanggal dan guru menyampaikan tujuan
pembelajaran. Kegiatan inti, dalam hal ini guru membuat beberapa tahapan, yaitu
tentang binatang kupu-kupu, guru melakukan tanya jawab tentang binatang kupu-
kupu, mensepakati permainan, memberi tanda “o” pada binatang bertelur dan “y”
binatang yang terbang, melipat bentuk kupu-kupu dengan origami, terbiasa
mengembalikan mainan pada tempatnya. Kegiatan akhir yaitu guru menutup
pelajaran dengan menyampaikan kegiatan besok, bernyanyi, berdoa dan
mengucapkan salam. 3) Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan alat permainan
edukatif dari barang bekas seperti, guru menanyakan kembali binatang apa yang
sudah dipelajari dan apakah anak senang dengan apa yang sudah dipelajari. |
en_US |