PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI BARANG BEKAS PADA PESERTA DIDIK 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATFAL NURUL MUSLIMIN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.advisor Edi Kurnanto, Muhammad
dc.contributor.advisor Sapendi
dc.contributor.author RODIYAH
dc.date.accessioned 2022-11-17T04:39:43Z
dc.date.available 2022-11-17T04:39:43Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1750
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang diangkat dalam penelitian: 1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas pada peserta didik 5-6 tahun di RA Nurul Muslimin, 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas pada peserta didik, 3) Evaluasi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai: 1) Perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas pada peserta didik 5-6 tahun di RA Nurul Muslimin, 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas pada peserta didik 5-6 tahun di RA Nurul Muslimin, 3) Evaluasi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas. Untuk memperoleh gambaran data yang dibutuhkan maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh di lapangan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran dengan menyesuaikan jadwal kegiatan yang sudah terprogram dalam RPPH terlebih dahulu, lalu menetapkan tujuan pembelajaran, selanjutnya menyediakan media kupu-kupu dari kaset VCD bekas dengan tema binatang kepada anak untuk mempermudah anak memahami apa yang akan disampaikan guru. 2) Kegiatan awal, terlebih dahulu guru mengucapkan salam, membaca doa sebelum belajar, membaca sholawat, membaca ayat kursi dan bercakap-cakap tentang hari dan tanggal dan guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti, dalam hal ini guru membuat beberapa tahapan, yaitu tentang binatang kupu-kupu, guru melakukan tanya jawab tentang binatang kupu- kupu, mensepakati permainan, memberi tanda “o” pada binatang bertelur dan “y” binatang yang terbang, melipat bentuk kupu-kupu dengan origami, terbiasa mengembalikan mainan pada tempatnya. Kegiatan akhir yaitu guru menutup pelajaran dengan menyampaikan kegiatan besok, bernyanyi, berdoa dan mengucapkan salam. 3) Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif dari barang bekas seperti, guru menanyakan kembali binatang apa yang sudah dipelajari dan apakah anak senang dengan apa yang sudah dipelajari. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pelaksanaan Pembelajaran en_US
dc.subject Alat Permainan Edukatif en_US
dc.subject Media Barang Bekas en_US
dc.title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI BARANG BEKAS PADA PESERTA DIDIK 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATFAL NURUL MUSLIMIN KUBU RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account