dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) keativitas pada
anak sebelum menggunakan strategi menggambar dari angka; 2) Penggunaan
strategi menggambar dari angka untuk meningkatkan kreativitas anak; 3)
kreativitas anak setelah menggunakan strategi menggambar dari angka; 4)
peningkatan kreativitas pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Kabupaten
Kapuas Hulu Tahun setelah menggunakan strategi menggambar dari angka.
Untuk mencapai tujuan terebut, Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat
tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi. Dengan
teknik analisis deskriptif berupa analisis presentase data dan rata-rata
penilaian.Tindakan penelitian kelas dipilih untuk meningkatkan kreativitas anak
usia 5-6 tahun menggunakan strategi menggambar dari angka.Strategi
pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan dokumentasi dari
pengamatan lembar observasi dan format penilaian.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: Hasil dari kreativitas anak
usia 5-6 tahun menggunakan strategi menggambar dari angka di TK Tunas
Bangsa sebelum menggunakan strategi pembelajaran menggambar dari angka
pada kelompok B2 adalah 54,86%. Pelaksanaan strategi menggambar dari angka
pada Anak Usia 5-6 Tahun sudah baik karena seluruh langkah-langkah
penggunaan strategi menggambar dari angka telah dilaksanakan dengan sesuai.
kreativitas anak pada usia 5-6 tahun setelah menggunakan strategi menggambar
dari angka pada pelaksanaan kegiatan Siklus I dapat diketahui bahwa hasil
kreativitas anak yaitu 68,40% dengan kategori MB. pelaksanaan kegiatan siklus II
Persentase pencapaian tiap anak berkembang sangat baik dari yang sebelumnya,
hal ini dapat dilihat hasil kreativitas anak pada siklus II yaitu 80,21% dengan
kategori BSB. Peningkatan yang signifikan dalam kreativitas pada anak pada
Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Bangsa setelah digunakan Strategi
Pembelajaran menggambar dari angka. Pada pelaksanaan di siklus I dan Siklus II
terdapat peningkatan yang signifikan. Dalam hal ini terdapat peningkatan dari
siklus I yang hasilnya 68,40% menjadi 80,21% pada siklus II. |
en_US |