PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE “WAFA” PADA ANAK USIA DINI DI TK-IT ALMUMTAZ PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusuf Hidayat, Moh
dc.contributor.advisor Rahnang
dc.contributor.author ARSITA, IIN
dc.date.accessioned 2022-11-15T03:41:19Z
dc.date.available 2022-11-15T03:41:19Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1731
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena pendidikan agama pada anak usia dini haruslah diperkenalkan pada pendidikan Al-Qur’an dengan tahap awal yaitu huruf hijaiyah. Karena Al-Qur’an menjadi pegangan dan pedoman di dalam kehidupan nanti sehingga tidak kehilangan pegangan dan pedoman dalam hidup. Mempelajari huruf hijaiyah haruslah dengan metode yang tepat agar memudahkan anak, metode WAFA inilah yang sesuai untu memudahkan guru dalam mempelajari huruf hijaiyah pada anak. Adapun di TK- IT Almumtaz adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan metode WAFA yang telah mendapatkan sosialisasi dari TIM WAFA. Hal ini menarik perhatian peneliti dalalm meneliti pembelajaran huruf hijaiyah dengan metode WAFA pada anak usia dini di TK-IT Almumtaz Pontianak. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pembelajaran huruf hijaiyah dengan menggunakan metode WAFA pada anak usia dini di TK-IT Almumtaz Pontianak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data penelitian, sumber primer ialah guru-guru TK IT Almumtaz dan sumber sekunder ialah dari RPPM dan RPPH. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan alat pengumpalan data ialah dengan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1. perencanaan WAFA tidak ada perencanaan secara khusus namun tertuang didalam RPPH. untuk merencanakan tema dan materi WAFA dengan melihat buku panduan individu dan panduan peraga besar sedangkan perencanaan strategi guru menggunakan TANDUR, 2. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru yaitu kegiatan pendahuluan dengan WAFA muroja’ah surah yang sudah dihafal sebelumnya dan dilanjutkan dengan menonton video. Kegiatan inti dilakukan guru dengan membaca secara klasikal, menebalkan huruf hijaiyah dan disiasati dengan mengajar anak secara individu dan bermain kartu huruf hijaiyah dan kegiatan penutup yaitu dengan mengulang kembali materi WAFA yang sudah dipelajari. 3. dilakukan guru adalah dengan melakukan penilaian terhadap anak secara lisan melalui membaca secara klasikal dan tes membaca secara individu, permainan kartu huruf hijaiyah dan pemberian tugas melalui menebalkan huruf hijaiyah en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembelajaran Huruf Hijaiyah en_US
dc.subject Metode WAFA en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE “WAFA” PADA ANAK USIA DINI DI TK-IT ALMUMTAZ PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account