dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan ATM
setor tarik BSI terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang
Pontianak. Data-data yang menyangkut penelitian ini diperoleh dari
penyebaran kuesioner kepada nasabah pengguna layanan jasa ATM setor
tarik pada Bank Syariah Indonesia Cabang Pontianak.
Variabel yang digunakan untuk mengukur pengaruh layanan ATM
setor tarik BSI terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia adalah
variabel reliability (keandalan), tangible (bukti fisik), assurance (jaminan),
dan responsiveness (ketanggapan). Metode yang digunakan adalah statistik
deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran
kuesioner kepada 96 nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pontianak yang
pernah menggunakan layanan ATM setor tarik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Indonesia
sangat puas menggunakan layanan ATM setor tarik BSI. Variabel reliability
(keandalan) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank
Syariah Indonesia dalam menggunakan layanan ATM setor tarik BSI. Uji
hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,034 < 0,05. Variabel
tangible (bukti fisik) memiliki pengaruh signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.
Variabel responsiveness (ketanggapan) memiliki pengaruh signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk variabel assurance (jaminan) tidak
memiliki pengaruh signifikansi terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah
Indonesia dalam menggunakan layanan ATM setor tarik BSI. Nilai
signifikansi variabel assurance sebesar 0,736 > 0,05. |
en_US |