dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Strategi pemasaran yang
digunakan PT. Bank Kalbar Kantor Cabang Syariah Pontianak (2) Bentuk strategi
pemasaran pembiayaan warung mikro pada PT. Bank Kalbar Kantor Cabang
Syariah Pontianak (3) Kendala yang dihadapi PT. Bank Kalbar Kantor Cabang
Syariah Pontianak dalam memasarkan produk pembiayaan warung mikro kepada
calon nasabah. (4) Solusi untuk mengatasi kendala dalam memasarkan produk
pembiayaan warung mikro pada PT. Bank Kalbar Kantor Cabang Syariah
Pontianak.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu
sebagai suatu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis
atau lisan dari orang-orang yang diamati. Yang menjadi instrumen atau alat
penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik dan alat pengumpulan data yang
digunakan dalam peneliti ini adalah observasi langsung, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan penulis menggunakan analisa
deskriptif yaitu menjelaskan dan memaparkan hasil yang diteliti.
Hasil peneliti ini dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) Strategi pemasaran yang
dilakukan PT. Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak yaitu menerbitkan
dua produk pembiayaan yang bersifat produktif dan konsumtif. Pembiayaan
produktif berbentuk pembiayaan dibidang usaha. Produk pembiayaan warung
mikro yang banyak diminati oleh masyaarkat yaitu produk pembiayaan usaha
modal. (2) Ada beberapa bentuk strategi pemasaran pembiayaan warung mikro
pada yang dilakukan oleh PT. Bank Kalbar Syariah Kantor Cabang Pontianak
yaitu melakukan ekspansi pembiayaan, mengoptimalkan peran dan fungsi,
menawarkan tambahan pembiayaan, melakukan evaluasi dan pengembangan
pendanaan. (3) Kendala yang dihadapi PT. Bank Kalbar Kantor Cabang Syariah
Pontianak dalam memasarkan produk pembiayaan warung mikro kepada calon
nasabah yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat dalam prosedur dan ketentuan
yang berlaku pada PT. Bank Kalbar Kantor Cabang Syariah Pontianak. Nasabah
akan mengalami kesulitan, padahal bank sudah menyedian berbagai cara agar
masyarakat dapat mengerti dan memahami prosuder dan produk-produk yang
dikeluarkan oleh bank mengakibatkan tidak semua masyarakat atau nasabah
paham persyaratan pengajuan ataupun ketentuan yang berlaku PT. Bank Kalbar
Kantor Cabang Syariah Pontianak. (4) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi
kendala dalam memasarkan produk pembiayaan warung mikro pada PT. Bank
Kalbar Kantor Cabang Syariah Pontianak adalah memberikan pemahaman secara
langsung dan jelas tentang bagaimana mekanisme, konsep dan aplikasi serta akad
yang digunakan pada produk pembiayaan warung mikro |
en_US |