Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan lokasi
terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah. Metode yang digunakan
adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian
survey. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat Kelurahan
Dalam Bugis. Data dianalisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, asumsi klasik,
analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang diolah dengan bantuan program
aplikasi SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan
dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi
nasabah di Bank Syariah. Secara simultan pengetahuan dan lokasi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di Bank Syariah. Dari hasil
uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) diperoleh besarnya pengaruh
pengetahuan (X1) dan lokasi (X2) terhadap minat masyarakat Kelurahan Dalam Bugis
menjadi nasabah di Bank Syariah sebesar 42,7% sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan
oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.