dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini mengingat betapa pentingnya strategi
pemasaran bagi PT. Bank Muamalat Pontianak dalam meningkatkan
nasabah karena yang diketahui peminat haji dan umroh dari tahun ke tahun
semakin meningkat. Oleh karena itu, setiap bank berlomba-lomba dalam
mencari nasabah produk tabungan haji dan umroh. Terlebih Bank Muamalat
yang sudah berkecimpung di dunia perbankan syariah telah lama dan
sekarang bank syariah pun telah banyak. Untuk menghadapi pesaingannya
Bank Muamalat harus mempunyai strategi khusus untuk menghadapi bank
syariah lain.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis
Strategi Bank Muamalat dalam mengembangkan Tabungan Haji dan
Umroh, 2) Untuk mengetahui dan mengalisis Strategi Bank Muamalat
dalam memasarkan Tabungan Haji dan Umroh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskripsif
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan
data dapat dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada
pegawai PT. Bank Muamalat dan Nasabah Produk tabungan haji dan umroh
Bank Pontianak.
Dengan ini peneliti menyimpulkan 1) Salah satu mengembangkan
produk tabungan haji dan umroh dalam menghadapi persaingan bank-bank
syariah adalah dengan cara membuat brand produk yaitu “Hijrah itu Ibadah,
Nikmati langkah pertama menuju Baitullah” untuk produk tabungan haji
dan umroh serta Promo hadiah. 2) Strategi dalam persaingan bank syariah
dapat dilihat dari pemasarannya dengan cara segmentation, targeting, dan
positioning. Ke 3 ini saling sambung-menyambung antara satu dengan yang
lain seperti segementation yang memperhatikan kelas-kelas sosial seperti
kelas atas, menengah dan bawah. Serta targeting yang harus ditentukan titik
lokasi mana yang menjadi sasaran seperti masjid, universitas, sekolah. |
en_US |