dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui
bagaimana mekanisme pemasaran dengan menggunakan strategi segmenting
dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah di Bank Mega Syariah
Cabang Pontianak. 2) Untuk mengetahui bagaimana mekanisme pemasaran
dengan menggunakan strategi targeting dalam memasarkan produk pembiayaan
murabahah di Bank Mega Syariah Cabang Pontianak. 3) Untuk mengetahui
bagaimana mekanisme pemasaran dengan menggunakan strategi positioning
dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah di Bank Mega Syariah
Cabang Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di Bank Mega
Syariah Cabang Pontianak Kalimantan Barat. Analisis yang digunakan adalah
deskriptif melalui tahapan: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan
Kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yaitu Triangulasi dan kecukupan
referensi.
Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa, 1) strategi segmenting
dalam memasarkan produk pembiayaan murabahah pada Bank Mega Syariah
Cabang Pontianak yaitu untuk segmen geografis, Bank Mega Syariah Cabang
Pontianak lebih memfokuskan pada wilayah Kota Pontianak dan Kab.Kubu Raya.
Untuk segmen demografis melihat dari variabel usia, pekerjaan dan penghasilan.
Untuk segmen perilaku didasarkan pada status kesetiaan atau menawarkan
kembali kepada nasabah yang sudah pernah menggunakan produk pembiayaan
murabahah tersebut. 2) strategi targeting, Bank Mega Syariah Cabang Pontianak
memilih nasabah berpenghasilan tetap. 3) strategi positioning, yaitu dengan
menjalin silaturahmi dan lebih mendekatkan diri kepada nasabah serta
memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah. |
en_US |