Abstract:
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial, simultan
serta faktor yang paling dominan dari Label Halal dan Harga Terhadap Preferensi
Konsumen. Menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.
Pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling dan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 119 responden.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner disebarkan kepada
masyarakat Siantan Tengah Pontianak Utara melalui penyebaran link. Data yang
diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan alat bantu SPSS versi 18
dan Eviews 10 2021.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial nilai t hitung Label Halal
(X1) sebesar 3.529518 dengan nilai probabilitas 0.0006< 0,05, maka Ha diterima,
nilai t hitung Harga (X2) sebesar 6.408815 dengan nilai probabilitas 0.0000<
0,05, maka H0 diterima, dan preferensi konsumen secara simultan berpengaruh
dengan nilai F Hitung sebesar 64.059 dan nilai probabilitas sebesar 0.000.
Besarnya pengaruh yang ditimbulkan oleh Label Halal (X1), Harga (X2), terhadap
preferensi konsumen sebesar 54.1%, sisanya 45.9% dipengaruhi oleh faktor lain
tidak termasuk dalam penelitian ini. Variabel paling dominan adalah Harga.