dc.description.abstract |
E-Commerce merupakan kegiatan pembelian dan penjualan barang serta
jasa melalui jaringan elektronik terutama internet. Kegiatan jual beli menjadi
lebih mudah dengan adanya e-commerce ini. Karena dapat dilakukan secara
online. Penggunaan e-commerce pada masyarakat saat ini dipengaruhi banyak
faktor. Ada beberapa faktor yang memberikan pengaruh terhadap keputusan
penggunaan e-commerce antara lain harga, selera dan keamanan, faktor-faktor
tersebut dapat menjadi penentu seberapa besar pengaruhnya terhadap keputusan
penggunaan aplikasi e-commerce oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam IAIN Pontianak.
Keputusan penggunaan merupakan cara individu, kelompok atau
organisasi dimana bertujuan untuk memilih, membeli, memakai dan
memanfaatkan barang, jasa, gagasan serta pengalaman dalam rangka untuk
memenuhi kebutuhan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian
asosiatif yang menggunakan teknik analisis regresi linier bernganda dan
menggunakan jenis data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner
kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kemudian data diolah
dengan menggunakan aplikasi SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Harga berpengaruh signifikan
terhadap keputusan penggunaan aplikasi e-commerce, dengan nilai probabilitas
sebesar 0,000 < 0,05 dan bernilai positif yaitu 0,308 (2) Selera berpengaruh
signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi e-commerce, dengan nilai
probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 dan bernilai positif yaitu 0,469. (3) Keamanan
berpengaruh signfikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi e-commerce,
dengan nilai probabilitas sebesar 0,012 < 0,05 dan bernilai positif yaitu 0,245.
(4) Harga, selera dan keamanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap keputusan penggunaan aplikasi e-commerce dengan nilai probabilitas
sebesar 0,000 < 0,05. |
en_US |