dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui praktek bisnis islam di
kalangan pedagang pakaian online di Facebook maeketplace dan Untuk
mengetahui penerapan etika bisnis islam pada pedagang pakaian online di
Facebook marketplace.
Untuk mencapai tujuan yang di harapkan dalam penelitian ini. Peneliti
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yakni: dengan wawancara dan dokumentasi.
Data di peroleh dari pedagang online pakain di facebook marketplace khususnya
pedagang muslim. Data kemudian diolah, dianalisis, dan kemudian ditarik
kesimpulan. Teknik pengumpulan data dan pengolahan data di atas, data
kemudian dianalisis secara reduksi, kemudian data tersebut disajikan dan ditarik
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pedagang di Facebook marketplace
sudah menjalani bisnisnya sesuai dengan Praktik etika bisnis Islam. dimana
barang yang jual termasuk barang halal, barang yang di perjual belikan sudah
memiliki kejelasan, dan harga yang di tentukan sesuai dengan keadaan barang. (2)
Masih terdapat pedagang tidak menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis yakni tidak
menerapkan prinsip tauhid/kesatuan dan prinsip kebebasan. Sedangkan prinsip
tanggung jawab, prinsip keseimbangan, dan prinsip kejujuran sudah sesuai dengan
etika bisnis Islam yang dijalani oleh pedagang pakaian online di Facebook
marketplace.
Saran dari hasil penelitian ini pedagang di Facebook Marketplace dapat
menerapkan jual beli sesuai dengan syariat Islam dan menerapkan prinsip-prinsip
etika bisnis Islam. serta dapat menggunakan sistem jual beli di facebook
marketplace dengan bijak dan professional. |
en_US |