ANALISIS PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KONSUMSI KOSMETIK HALAL

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sumin
dc.contributor.advisor Yulisa Kalbarini, Rahmah
dc.contributor.author TELLY
dc.date.accessioned 2022-10-19T09:22:57Z
dc.date.available 2022-10-19T09:22:57Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1482
dc.description.abstract Sertifikasi halal merupakan jaminan atas keselamatan bagi konsumen umat muslim untuk dapat mengkonsumsi produk yang sesuai dengan sayri’at Islam. Sertifikat produk halal merupakan suatu bentuk pengajuan izin dan pemeriksaan produk baik pangan, obat-obatan, kosmetika dan lainnya kepada instansi pemerintah yang berwenang. Dengan tujuan untuk memberikan kepastian kehalalan, sehingga dapat menentramkan batin konsumen dalam mengkonsumsinya. Kesadaran lahal merupakan pengetahuan atau pemahaman akan kehalalan suatu produk dari seseorang terutama bagi umat muslim tentang bagaimana konsep halal, proses halal dan menganggap menggunakan ataupun mengkonsumsi produk pangan, obat- obatan, kosmetik dan lainnya merupakan hal yang paling utama bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap konsumsi kosmetik halal pada mahasiswi IAIN Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswi IAIN Pontianak. Sampel yang digunakan sebanyak 125 responden yang dilakukan dengan teknik probability sampling yakni secara acak. Adapun metode yang dipakai yaitu metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan Kolerasi Bivariate Pearson dan uji reliabilitas mengunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis menggunakan koefisien ketepatan model atau determinan (R 2 ) pengujian secara parsial (uji t) dan secara simultan (f). Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Pengujian data dilakukan dengan bantuan program aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) variabel Sertifikasi Halal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap konsumsi kosmetik halal dengan nilai Probability sebesar 0,0343 < 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,225080. Artinya setiap ada peningkatan pada sertifikasi halal maka konsumsi kosmetik halal juga akan meningkat. 2) variabel Kesadaran Halal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap konsumsi kosmetik halal dengan nilai Probability sebesar 0,0001 <0,05 dan nilai koesfisien regresi sebesar 0,399383. Artinya setiap ada peningkatan pada kesadara halal maka konsumsi kosmetik halal juga akan meningkat. 3) Variabel Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal berpengaruh signifikan secara simultan terhadap konsusmsi kosmetik halal dengan nilai Prob.(F- statistic) sebesar 0,0000 <0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Sertifikasi Halal en_US
dc.subject Kesadaran Halal en_US
dc.subject Kosmetik Halal en_US
dc.title ANALISIS PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KONSUMSI KOSMETIK HALAL en_US
dc.title.alternative STUDI KASUS PADA MAHASISWI IAIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account