dc.description.abstract |
Sertifikasi halal merupakan jaminan atas keselamatan bagi konsumen umat muslim
untuk dapat mengkonsumsi produk yang sesuai dengan sayri’at Islam. Sertifikat
produk halal merupakan suatu bentuk pengajuan izin dan pemeriksaan produk baik
pangan, obat-obatan, kosmetika dan lainnya kepada instansi pemerintah yang
berwenang. Dengan tujuan untuk memberikan kepastian kehalalan, sehingga dapat
menentramkan batin konsumen dalam mengkonsumsinya. Kesadaran lahal
merupakan pengetahuan atau pemahaman akan kehalalan suatu produk dari
seseorang terutama bagi umat muslim tentang bagaimana konsep halal, proses halal
dan menganggap menggunakan ataupun mengkonsumsi produk pangan, obat-
obatan, kosmetik dan lainnya merupakan hal yang paling utama bagi mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sertifikasi halal dan
kesadaran halal terhadap konsumsi kosmetik halal pada mahasiswi IAIN Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah mahasiswi IAIN Pontianak. Sampel yang digunakan sebanyak
125 responden yang dilakukan dengan teknik probability sampling yakni secara
acak. Adapun metode yang dipakai yaitu metode asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Uji validitas instrumen menggunakan Kolerasi Bivariate Pearson dan
uji reliabilitas mengunakan Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi berganda, uji hipotesis menggunakan koefisien ketepatan model
atau determinan (R 2 ) pengujian secara parsial (uji t) dan secara simultan (f). Data
yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang diambil menggunakan
kuesioner. Pengujian data dilakukan dengan bantuan program aplikasi Eviews 10.
Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) variabel Sertifikasi Halal
berpengaruh signifikan secara parsial terhadap konsumsi kosmetik halal dengan
nilai Probability sebesar 0,0343 < 0,05 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,225080.
Artinya setiap ada peningkatan pada sertifikasi halal maka konsumsi kosmetik
halal juga akan meningkat. 2) variabel Kesadaran Halal berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap konsumsi kosmetik halal dengan nilai Probability sebesar
0,0001 <0,05 dan nilai koesfisien regresi sebesar 0,399383. Artinya setiap ada
peningkatan pada kesadara halal maka konsumsi kosmetik halal juga akan
meningkat. 3) Variabel Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal berpengaruh
signifikan secara simultan terhadap konsusmsi kosmetik halal dengan nilai Prob.(F-
statistic) sebesar 0,0000 <0,05. |
en_US |