dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya ritel waralaba yang
memberikan dampak persaingan yang kompetitif bagi pengusaha ritel tradisional
seperti toko kelontong. Hal ini mengakibatkan menurunnya pendapatan pedagang
kelontong di Jalan Komyos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak.
Adapun salah satu upaya yang dilakukan oleh pedagang kelontong dalam
mengahadapi persaingan dengan ritel waralaba yakni bergabung dalam program
kemitraan PT. SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) melalui pendampingan usaha
yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
pelaksanaan program kemitraan melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan
pada toko kelontong SRC, serta menjelaskan dampak program kemitraan melalui
pendampingan usaha yang berkelanjutan pada toko kelontong SRC. Subjek dalam
penelitian ini adalah SRC Mitra Maju, SRC Cemerlang, SRC Rahmah Kopi, SRC
Irawan Kopi, SRC Saruki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah
obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif dengan proses analisis selama pengumpulan data, reduksi data,
dan display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan adalah member check dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan
program kemitraan melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan pada toko
kelontong SRC dilakukan dengan memberikan pembinaan. Adapun pembinaan
dilakukan dengan dua tahap yaitu; (a) Sarasehan, tahapan ini merupakan pemberian
motivasi kepada toko kelontong SRC, sesi konsultasi usaha, serta ajang silaturahmi
baik dari pihak SRC ke toko kelontong SRC maupun sesama anggota toko
kelontong SRC. (b) Pelatihan, tahapan ini pihak SRC memberikan pelatihan berupa
pelatihan ekosistem digital AYO SRC, pelatihan kewirausahaan, dan kunjungan
kewirausahaan. (2) Dampak pelaksanaan program kemitraan melalui
pendampingan usaha pada toko kelontong SRC dirasakan manfaatnya bagi toko
kelontong SRC. Dari segi perkembangan usaha toko kelontong SRC mengalami
peningkatan aset, pendapatan, dan jangkauan usaha. Dari segi kualitas diri, pemilik
toko kelontong SRC mengalami peningkatan rasa percaya diri, ambisi untuk sukses,
berani dalam mengambil resiko, serta kreatif dalam menciptakan inovasi dalam
usaha. |
en_US |