PROGRAM KEMITRAAN MELALUI PENDAMPINGAN USAHA YANG BERKELANJUTAN PADA TOKO KELONTONG SRC

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi
dc.contributor.advisor Hanis, Rianda
dc.contributor.author HARTATI, ERNI
dc.date.accessioned 2022-10-19T02:09:06Z
dc.date.available 2022-10-19T02:09:06Z
dc.date.issued 2022-03
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/handle/123456789/1470
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya ritel waralaba yang memberikan dampak persaingan yang kompetitif bagi pengusaha ritel tradisional seperti toko kelontong. Hal ini mengakibatkan menurunnya pendapatan pedagang kelontong di Jalan Komyos Sudarso, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak. Adapun salah satu upaya yang dilakukan oleh pedagang kelontong dalam mengahadapi persaingan dengan ritel waralaba yakni bergabung dalam program kemitraan PT. SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan program kemitraan melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan pada toko kelontong SRC, serta menjelaskan dampak program kemitraan melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan pada toko kelontong SRC. Subjek dalam penelitian ini adalah SRC Mitra Maju, SRC Cemerlang, SRC Rahmah Kopi, SRC Irawan Kopi, SRC Saruki. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan proses analisis selama pengumpulan data, reduksi data, dan display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah member check dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan program kemitraan melalui pendampingan usaha yang berkelanjutan pada toko kelontong SRC dilakukan dengan memberikan pembinaan. Adapun pembinaan dilakukan dengan dua tahap yaitu; (a) Sarasehan, tahapan ini merupakan pemberian motivasi kepada toko kelontong SRC, sesi konsultasi usaha, serta ajang silaturahmi baik dari pihak SRC ke toko kelontong SRC maupun sesama anggota toko kelontong SRC. (b) Pelatihan, tahapan ini pihak SRC memberikan pelatihan berupa pelatihan ekosistem digital AYO SRC, pelatihan kewirausahaan, dan kunjungan kewirausahaan. (2) Dampak pelaksanaan program kemitraan melalui pendampingan usaha pada toko kelontong SRC dirasakan manfaatnya bagi toko kelontong SRC. Dari segi perkembangan usaha toko kelontong SRC mengalami peningkatan aset, pendapatan, dan jangkauan usaha. Dari segi kualitas diri, pemilik toko kelontong SRC mengalami peningkatan rasa percaya diri, ambisi untuk sukses, berani dalam mengambil resiko, serta kreatif dalam menciptakan inovasi dalam usaha. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kemitraan en_US
dc.subject Pembinaan en_US
dc.subject pendampingan en_US
dc.title PROGRAM KEMITRAAN MELALUI PENDAMPINGAN USAHA YANG BERKELANJUTAN PADA TOKO KELONTONG SRC en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account