PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA MINUMAN ES TELER DI SUNGAI JAWI DALAM KECAMATAN PONTIANAK BARAT

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.author Kurniawan, Rizqi
dc.date.accessioned 2022-10-14T13:27:34Z
dc.date.available 2022-10-14T13:27:34Z
dc.date.issued 2018-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1426
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya konsumen yang menyukai atau menggemari berbagai hal yang cepat saji dan kegemaran para konsumen untuk mengkonsumsi minuman yang instan dan segar, maka sebagian dari masyarakat di Sungai Jawi Dalam, berlomba-lomba untuk membuka suatu usaha seperti es teler. Karena dengan menganalisis SWOT pada usaha es teler di Sungai Jawi Dalam dapat membantu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sehingga pedagang es teler dapat menentukan strategi dalam menghadapi persaingan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kekuatan pada usaha es teler di Sungai Jawi Dalam, 2) Kelemahan pada usaha es teler di Sungai Jawi Dalam, 3) Peluang pada usaha es teler di Sungai Jawi Dalam, 4) Ancaman pada usaha es teler di Sungai Jawi Dalam. 5) Strategi dalam menghadapi persaingan pada usaha es teler di Sungai Jawi Dalam Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan Informan tetap berlangsung sampai data yang dihasilkan mencapai titik jenuh/teknik, berdasarkan teknik ini, maka diperoleh informan sebanyak 5 orang pedagang es teler. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi partisipan, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data dan kecukupan referensi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: (1) Analisis SWOT , (Strength) Kekuatan pada usaha es yeler yaitu: Uang tabungan pribadi, modal dari tabungan keluarga, modal dari koperasi, penghasilan hari ini dibelanjakan untuk modal, 2 hari kedepan untuk tabungan, penghasilan hari ini ditabung 60 ribu dan sisanya unutk modal, lokasi strategis, berjualan setiap hari buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam, mempromosikan usaha es teler melalui media online. (2) (Weakness) Kelemahan pada usaha es teler yaitu: tidak mencatatat pendapatan dan pengeluaran, banyaknya usaha yang sejenis, tidak adanya kemasan yang berlogo, kurangnya promosi melalui media online. (3) (Opportunity) Peluang pada usaha es teler yaitu: mempromosikan usaha es teler, membuka cabang, sudah mempunyai cabang. (4) (Threats) Ancaman para pedagang kaki lima yaitu tidak mematuhi peraturan dari pemerintah. (5) Strategi pada usaha es teler yaitu: Membuka cabang, memanfaatkan pemasaran melalui media online, Terus berinovasi agar daya beli masyrakat meningkat, membuat buku sistem keuangan, membuat kemasan berlogo, mempunyai ciri khas walaupun usaha jenis, membuat buku keuangan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject SWOT en_US
dc.subject Bisnis en_US
dc.subject Pemasaran en_US
dc.title PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT PADA MINUMAN ES TELER DI SUNGAI JAWI DALAM KECAMATAN PONTIANAK BARAT en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account