dc.description.abstract |
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang bisnis kecantikan
berbasis hukum Islam. Dalam penelitian ini setidaknya memiliki tiga fokus
permasalahan penting, yaitu: 1).praktek layanan kecantikan yang ditawarkan di
Rumah Fitri Pontianak, Bts Daniel Dental, Dan Bossmap Salon Pontianak; 2).
Produk atau jasa yang sering digunakan oleh para pelanggan; 3). Kesesuaianbisnis
layanan kecantikan antara pihak pemberi produk atau jasa kepada pelanggan
dalam Hukum Islam;
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-
analisis-komparatif dengan menggunakan pola pendekatan sosiologis-normatif:
penelitian ini menggunakan dua teori yaitu teori kecantikan secara umum dan
teori kecantikan secara hukum Islam. Di samping itu, untuk menganalisis aspek
konsep dan mekanisme kecantikan dikalangan perempuan muslim secara umum
dan hukum Islam secara keseluruhan. Temuan penelitian ini diperoleh melalui
pengumpulan data meliputi: (1) wawancara terhadap pemilik di outlet kecantikan
rumah fitri Pontianak, BTS Daniel Dental dan Bossmap salon Pontianak serta
beberapa konsumen yang melakukan perawatan pada outlet tersebu,(2) melakukan
dokumentasi dan observasi pada saat pengambilan data, (3) mengumpulkan
literatur dan data kepustakaan seperti buku-buku, jurnal, yang terkait dengan
makna kecantikan secara umum dan secara hukum Islam untuk melengkapi
penelitian ini.
Penelitian ini memiliki argumentasi bahwa, konsep kecantikan tidak
hanya ukuran tubuh tetapi juga termasuk ukuran sosial. Salah satu bentuk ukuran
sosialnya adalah bahwa kecantikan menjadi unsur penting dalam mendapatkan
penghargaan sosial, selanjutnya penghargaan sosial didalam Maqosid Syariah
disebut termasuk unsur perlindungan kehormatan. |
en_US |