PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHAYA MEROKOK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA POSTER DAN VIDEO PADA SISWA PEROKOK AKTIF DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Yugi Fazny, Bella
dc.contributor.author HABIBAH
dc.date.accessioned 2022-09-28T07:33:51Z
dc.date.available 2022-09-28T07:33:51Z
dc.date.issued 2021-06-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1117
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap : (1). Bagaimana pemahaman bahaya merokok melalui layanan bimbingan klasikal dengan media poster dan video pada siswa perokok aktif di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kabupaten Kubu Raya. 2). Gambaran umum peningkatan pemahaman bahaya merokok melalui layanan bimbingan klasikal dengan media poster dan video pada siswa perokok aktif di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kabupaten Kubu Raya. (3) Layanaan bimbingan klasikal dengan media poster dan video pada siswa perokok aktif di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya merokok. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK), bersama dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Partispan dalam penelitian ini terdiri dari siswa yang sekolah dan guru observer. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, Yaitu 1) sumber atau partisipan primer adalah para siswa perokok aktif dan guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kubu Raya. 2) Sumber data skunder adalah dokumen-dokumen seperti raport, sk guru di Madrasah Aliyah Mithul Ulum Kubu Raya. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik observasi langsung dan teknik studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah 1) Reduksi data, proses penyederhanaan data, 2) Pengungkapan data, untuk menampilkan data secara lebih sederhana dengan bentuk pengungkapan dalam bentuk narasi dan tabel, 3) Penyimpulan, yaitu inti dari representasi data yang akan disusun dalam bentuk pernyataan kalimat. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti dengan menggunakan angket dan wawancara dapat menyimpulkan bahwa 1) Proses pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan media poster dan video dalam meningkatkan pemahaman bahaya merokok di sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum dilakukan dengan tiga tahap yaitu : tahap kegiatan awal, tahap kegiatan inti, dan kegiatan akhir pada pelaksanaan layanan bimbingan klasikal 2) Gambaran pemahaman bahaya merokok sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum sebelum dilaksanakan layanan bimbingan klasikal dengan media poster dan video tergolong rendah, hal ini dilihat dari hasil data sebelum tindakan diberikan dengan presentase 32% kategori sedang. Terdapat peningkatan pamahaman bahaya merokok pada sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Kabupaten Kubu Raya setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan media poster dan vidio, dari presentase 32% dengan kategori rendah mengalami peningkatan setalah dilaksanakan tindakan siklus I menjadi 52% dengan kategori sedang dan meningkat sesuai dengan harapan peneliti setelah dilaksanakan tindakan siklus II dengan prasentase 77% dengan kategori tinggi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bahaya Merokok en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Klasikal en_US
dc.subject Media Poster Video en_US
dc.title PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHAYA MEROKOK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA POSTER DAN VIDEO PADA SISWA PEROKOK AKTIF DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account