dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Tindakan guru BK
dalam mengatasi Ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Kuala Mandor
B. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SMP
Negeri 1 Kuala Mandor B. Pengumpulan data menggunakan tekhnik
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan guru BK dalam
mengatasi ketidakdisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Kuala Mandor B
sebagai berikut : 1) Memulai dengan mencari faktor ketidakdisiplinan
yaitu: a) Kurangnya minat belajar siswa, b) Kurangnya pengawasan dari
orang tua, c) Telat bangun tidur sehingga telat untuk pergi ke sekolah, d)
Jarak rumah jauh dari sekolah harus mengendarai motor air yang tidak
nentu motor air mulai berangkat nyebrang jam berapa, e) Siswa/ peserta
didik cepat jenuh atau bosan terhadap pelajaran, f) Siswa harus jalan kaki
ke sekolah. 2) Mengklasifikasikan bentuk dari ketidakdisiplinan yaitu: a)
Siswa sering tidak masuk sekolah, b) Sering telat (terlambat datang ke
sekolah), c) Siswa yang sering merekayasa surat idzin, d) Tidak
mengumpulkan tugas tepat waktu ( online atau PR). 3) Memberikan sanksi
kepada siswa: a) Membersihkan WC guru, b) Membersihkan WC murid,
c) Mungut sampah yang ada di bawah kolom, d) Menguras air jeding yang
ada di dalam WC. 4) Memberikan Bimbingan Konseling Individual serta
usaha dalam mengatasi ketidakdisiplinan yaitu: a) Melakukan proses
konseling individual antara siswa/ peserta didik dengan guru BK. Dan
melakukan usaha seperti pencegahan yang biasa disebut dengan preventif
gunanya usaha ini untuk membantu siswa mencegah diri dari
permasalahan, kemudian melakukan perbaikan yang biasa disebut dengan
rehabilitasi gunanya untuk memahami peserta didik serta mencari tahu
keadaan latar belakang keluarganya. Kemudian ada juga proaktif Dengan
cara mengajak pihak lain seperti bekerja sama dengan orang tua untuk
mengawasi prilaku peserta didik, b) Membangun kerja sama dengan
perangkat guru lainnya untuk memberikan informasi mengenai peraturan
yang ada di sekolah beserta dengan fiungsinya, c) Guru BK dan pihak
sekolah membuat kegiatan ekstrakurikuler , d) Melakukan pemberian
layanan klasikal supaya memberi tahu sekaligus membantu peserta didik
agar dapat memahami dan mematuhi peraturan yang ada di sekolah. |
en_US |