PROSES BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMPN 10 PONTIANAK TAHUN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mardiyati, Isyatul
dc.contributor.advisor Hakim, Abdul
dc.contributor.author RIFQI
dc.date.accessioned 2022-09-27T08:05:49Z
dc.date.available 2022-09-27T08:05:49Z
dc.date.issued 2021-11-29
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1103
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang dialami siswa di SMP Negeri 10 Pontianak. 2) Untuk mengetahui upaya yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar selama masa pandemi di SMP Negeri 10 Pontianak. 3) Untuk mengetahui tentang keterampilan konseling individual yang diberikan kepada siswa di SMP Negeri 10 Pontianak. 4) Untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh guru bimbingan dan konseling saat memberikan layanan konseling pada siswa di SMP Negeri 10 Pontianak Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun tempat penelitian ini adalah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 1 guru BK dan 3 siswa Kesimpulan penelitian ini yaitu, (1) kesulitan belajar selama masa pandemi covid 19 pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pontianak yaitu berasal dari faktor intenal dan eksternal, internal meliputi rasa malas berlebihan serta minat belajar rendah dan kurangnya motivasi belajar sehingga menimbulkan perilaku yang tidak baik seperti bermain game online hingga larut malam dan eksternal meliputi sarana dan prasarana seperti kuota serta jaringan yang tidak memadai (2) upaya dilakukan guru BK yaitu memberikan pelayanan konseling berupa home visit atau berkunjung ke rumah siswa serta via telepon kemudian pemanggilan siswa secara bergantian ke sekolah, (3) Keterampilan konseling individual dalam menangani kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pontianak yaitu attending, empati, bertanya, mengambil inisiatif, memberi nasehat dan menyimpulkan. Keterampilan konseling yang ada tidak seluruhnya digunakan hanya beberapa saja tergantung dari permasalahan yang sedang diatasi, (4) Hambatan guru bimbingan dan konseling saat proses konseling individual dalam menangani kesulitan belajar yaitu, sekolah hanya memiliki satu guru BK, kesulitan mengatasi banyaknya siswa karena keteteran dan sulit mencari alamat siswa ketika melakukan home visit atau berkunjung ke rumah siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Bimbingan Konseling en_US
dc.subject Kesulitan Belajar en_US
dc.title PROSES BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMPN 10 PONTIANAK TAHUN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account