Hubungan Keterampilan Guru Akidah Akhlak Dalam Mengelola Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Al-A’raf Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintan Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Khairawati, Khairawati
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Maysaroh, Devi
dc.date.accessioned 2025-07-28T01:51:38Z
dc.date.available 2025-07-28T01:51:38Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7003
dc.description.abstract DEVI MAYSAROH, Hubungan Keterampilan Guru Akidah Akhlak Dalam Mengelola Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Al-A’raf Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintan Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan guru akidah akhlak dalam mengelola kelas, motivasi belajar siswa serta besar tingkat hubungan antara keterampilan guru akidah akhlak dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf Tempunak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket dengan subjek penelitian yaitu siswa, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya peneliti menggunakan uji normalitas dan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji linieritas dan uji korelasi product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistitcs 21. Berdasarkan analisis yang di lakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Keterampilan Guru akidah akhlak dalam mengelola kelas di MTs Al A’raf Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2023/2024. Dalam pengaplikasiannya guru akidah akhlak dalam mengelola kelas sudah termasuk dalam kategori baik di MTs Al-A’raf. Hal ini dibuktikan dari hasil analisa yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 82% yang termasuk dalam kategori sangat baik dalam prosedur pengelolaan preventif. 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2023/ didapatkan hasil analisa penelitian dengan persentase 72% yang termasuk dalam kategori baik untuk motivasi belajar siswa kelas VIII. 3) Hasil korelasi product moment antara keterampilan guru akidah akhlak dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf menunjukan r = 0,339%. Hal ini berarti Ho ditolak karena terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf Tahun Ajaran 2023/2024 dengan kategori 0,20-0,399 artinya antara keterampilan mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII memiliki hubungan yang rendah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject Mengelola Kelas en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title Hubungan Keterampilan Guru Akidah Akhlak Dalam Mengelola Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Al-A’raf Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintan Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account