Abstract:
DEVI MAYSAROH, Hubungan Keterampilan Guru Akidah Akhlak Dalam
Mengelola Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Al-A’raf
Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintan Tahun Ajaran
2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan
keterampilan guru akidah akhlak dalam mengelola kelas, motivasi belajar siswa
serta besar tingkat hubungan antara keterampilan guru akidah akhlak dalam
mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf
Tempunak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian
korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang
berjumlah 45 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengumpulkan
data dalam penelitian ini yaitu angket dengan subjek penelitian yaitu siswa, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya peneliti menggunakan uji
normalitas dan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji linieritas dan
uji korelasi product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistitcs 21.
Berdasarkan analisis yang di lakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Keterampilan Guru akidah akhlak dalam mengelola kelas di MTs Al
A’raf
Desa Paribang Baru, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang Tahun Ajaran
2023/2024. Dalam pengaplikasiannya guru akidah akhlak dalam mengelola kelas
sudah termasuk dalam kategori baik di MTs Al-A’raf. Hal ini dibuktikan dari
hasil analisa yang telah didapatkan peneliti dengan persentase 82% yang termasuk
dalam kategori sangat baik dalam prosedur pengelolaan preventif. 2) Motivasi
belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf Desa Paribang Baru, Kecamatan
Tempunak, Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2023/ didapatkan hasil analisa
penelitian dengan persentase 72% yang termasuk dalam kategori baik untuk
motivasi belajar siswa kelas VIII. 3) Hasil korelasi product moment antara
keterampilan guru akidah akhlak dalam mengelola kelas dengan motivasi belajar
siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf menunjukan r = 0,339%. Hal ini berarti Ho
ditolak karena terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengelola
kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Al-A’raf Tahun Ajaran
2023/2024 dengan kategori 0,20-0,399 artinya antara keterampilan mengelola
kelas dengan motivasi belajar siswa kelas VIII memiliki hubungan yang rendah.