PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BAWARI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Aprilyanti, Media
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.author Rohmianti, Vira
dc.date.accessioned 2025-07-28T01:41:54Z
dc.date.available 2025-07-28T01:41:54Z
dc.date.issued 2025-07-07
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7001
dc.description.abstract VIRA ROHMIANTI (12101134) Pembiasaan Sholat Dhuha dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bawari Pontianak. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan ibadah, salah satunya adalah sholat dhuha. MI Bawari Pontianak sebagai lembaga pendidikan Islam telah menerapkan program pembiasaan sholat dhuha yang dilaksanakan secara berjamaah dengan tujuan menanamkan kedisiplinan beribadah pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembiasaan sholat dhuha yang dilakukan di MI Bawari Pontianak dalam menanamkan kedisiplinan beribadah pada siswa; (2) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk kedisiplinan beribadah pada siswa di MI Bawari Pontianak; (3) Untuk menggali persepsi siswa terhadap pembiasaan sholat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan beribadah di MI Bawari Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan sholat dhuha dilaksanakan secara terstruktur dan konsisten setiap pagi sebelum kegiatan belajar dimulai. Kegiatan ini didukung oleh peran guru, sarana prasarana, serta jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Pembiasaan ini berhasil menanamkan nilai-nilai disiplin ibadah, seperti ketepatan waktu, kesadaran spiritual, serta tanggung jawab terhadap pelaksanaan ibadah. Persepsi siswa terhadap kegiatan ini pun positif, karena mereka merasa lebih dekat dengan Allah swt dan terbiasa melaksanakan ibadah dengan penuh kesadaran di sekolah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembiasaan en_US
dc.subject Sholat Dhuha en_US
dc.subject Kedisiplinan en_US
dc.subject Ibadah en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH BAWARI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account