Abstract:
VIRA ROHMIANTI (12101134) Pembiasaan Sholat Dhuha dalam
Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Bawari Pontianak. Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter
religius peserta didik melalui pembiasaan ibadah, salah satunya adalah sholat
dhuha. MI Bawari Pontianak sebagai lembaga pendidikan Islam telah menerapkan
program pembiasaan sholat dhuha yang dilaksanakan secara berjamaah dengan
tujuan menanamkan kedisiplinan beribadah pada siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk: (1) Untuk mendeskripsikan proses pembiasaan sholat dhuha yang dilakukan
di MI Bawari Pontianak dalam menanamkan kedisiplinan beribadah pada siswa; (2)
Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilan pembiasaan
sholat dhuha dalam membentuk kedisiplinan beribadah pada siswa di MI Bawari
Pontianak; (3) Untuk menggali persepsi siswa terhadap pembiasaan sholat dhuha
dalam menanamkan kedisiplinan beribadah di MI Bawari Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan sholat dhuha dilaksanakan secara
terstruktur dan konsisten setiap pagi sebelum kegiatan belajar dimulai. Kegiatan ini
didukung oleh peran guru, sarana prasarana, serta jadwal yang telah ditetapkan oleh
pihak sekolah. Pembiasaan ini berhasil menanamkan nilai-nilai disiplin ibadah,
seperti ketepatan waktu, kesadaran spiritual, serta tanggung jawab terhadap
pelaksanaan ibadah. Persepsi siswa terhadap kegiatan ini pun positif, karena mereka
merasa lebih dekat dengan Allah swt dan terbiasa melaksanakan ibadah dengan
penuh kesadaran di sekolah.