PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMKN 01 BELIMBING HULU KABUPATEN MELAWI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhamad Tisna
dc.contributor.author S, Novita
dc.date.accessioned 2025-07-22T01:51:22Z
dc.date.available 2025-07-22T01:51:22Z
dc.date.issued 2025-06-26
dc.identifier.citation APA (Americal Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6921
dc.description.abstract Novita S, Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Lingkungan Keluarga Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMKN 01 Belimbing Hulu Kabupaten Melawi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Tarbiyah Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya akhlak peserta didik di SMKN 01 Belimbing Hulu Kabupaten Melawi, yang tercermin dari perilaku negatif seperti membuang sampah sembarangan, kurang disiplin, berbicara kasar, hingga kasus kehamilan di luar nikah. Kondisi tersebut diduga berkaitan dengan kurang optimalnya Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Pendidikan Agama Islam dalam lingkungan keluarga peserta didik SMKN 01 Belimbing Hulu (2) Bagaimana akhlak peserta didik SMKN 01 Belimbing Hulu (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dalam keluarga terhadap akhlak peserta didik SMKN 01 Belimbing Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 66 peserta didik kelas X-XII, dengan sampel sebanyak 30 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji validitas dengan menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data dilakukan melalui uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi (R²), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Pendidikan agama Islam dalam lingkungan keluarga menunjukan sebanyak 60% (18 orang) mendominasi masuk dalam kategori cukup, dan 23% (7 orang) masuk kategori baik sedangkan sisanya 17% (5 orang) masuk kategori kurang.(2) variabel akhlak peserta didik menunjukan sebanyak 60% (18 orang) mendominasi masuk dalam kategori cukup, dan 23% (7 orang) masuk kategori kurang sedangkan sisanya 17% (5 orang) masuk kategori baik. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dalam Lingkungan keluarga terhadap akhlak peserta didik. Hasil uji t menunjukkan t-hitung sebesar 21.881 > t-tabel 1,701, dan nilai koefisien determinasi sebesar 94,5%, yang berarti Pendidikan Agama Islam dalam keluarga sangat kuat mempengaruhi akhlak peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Lingkungan Keluarga en_US
dc.subject Akhlak en_US
dc.title PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMKN 01 BELIMBING HULU KABUPATEN MELAWI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account