ANALISIS MINAT NASABAH DALAM MENABUNG PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG AHMAD YANI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmi, Ain
dc.contributor.advisor Elisa, Ema
dc.contributor.advisor Prihantono, Prihantono
dc.contributor.advisor Roma, Kholifuddin
dc.contributor.author Sakinah, Nurul
dc.date.accessioned 2025-01-22T07:48:53Z
dc.date.available 2025-01-22T07:48:53Z
dc.date.issued 2024-12-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5795
dc.description.abstract Nurul Sakinah (12007148). “ Analisis Minat Nasabah Dalam Menabung Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani ”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana minat nasabah dalam menabung tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Pontianak dan 2) Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi minat nasabah dalam menabung di PT. Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani Pontianak. Hal ini bertujuan untuk melihat minat nasabah dalam menabung pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah cabang Ahamd Yani Pontianak. Selanjutnya penelitian ini menjadi tolak ukur dari nasabah untuk bisa mempertimbangkan keputusan dalam menabung tabungan emas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Sumber data primer berbentuk wawancara, dokumentasi dan mengumpulkan informasi secara langsung dari sumber utama atau lokasi objek penelitian yaitu Pegadaian Syariah Cabang Ahmad Yani. Sumber data sekunder diperoleh dari sumber buku, jurnal, karya ilmiah yang berkaitan dengan judul ini. Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari keseluruhan responden dengan jumlah 5 orang. Nasabah yang berjumlah 3 orang berminat menabung pada produk tabungan emas, sementara 2 orang lainnya belum berminat menabung pada produk tabungan emas. Nasabah tertarik menabung pada tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang Ahmad Yani yaitu produk tabungan emas di Pegadaian Syariah ini menerapkan konsep syariah. Konsep syariah menjadi daya tarik nasabah karena pada penerapannya berdasarkan pada hukum dan aturan-aturan yang berlaku berdasarkan hukum ekonomi islam, dan produk tabungan emas memiliki nilai investasi yang relatif aman, berjangka panjang serta tidak berpengaruh dengan inflasi. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menabung tabungan emas adalah kualitas pelayanan, kepercayaan, kemudahan akses, keamanan mempengaruhi minat nasabah dalam menabung pada produk tabungan emas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Menabung en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Nasabah en_US
dc.subject Tabungan Emas en_US
dc.title ANALISIS MINAT NASABAH DALAM MENABUNG PRODUK TABUNGAN EMAS DI PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG AHMAD YANI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account