Abstract:
Nurul Sakinah (12007148). “ Analisis Minat Nasabah Dalam
Menabung Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Cabang
Ahmad Yani ”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana minat
nasabah dalam menabung tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang
Ahmad Yani Pontianak dan 2) Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi
minat nasabah dalam menabung di PT. Pegadaian Syariah cabang Ahmad
Yani Pontianak. Hal ini bertujuan untuk melihat minat nasabah dalam
menabung pada produk tabungan emas di PT. Pegadaian Syariah cabang
Ahamd Yani Pontianak. Selanjutnya penelitian ini menjadi tolak ukur dari
nasabah untuk bisa mempertimbangkan keputusan dalam menabung
tabungan emas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data
penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Sumber data primer
berbentuk wawancara, dokumentasi dan mengumpulkan informasi secara
langsung dari sumber utama atau lokasi objek penelitian yaitu Pegadaian
Syariah Cabang Ahmad Yani. Sumber data sekunder diperoleh dari sumber
buku, jurnal, karya ilmiah yang berkaitan dengan judul ini.
Setelah dilakukan analisis data terhadap hasil data yang diperoleh,
maka dapat disimpulkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa
dari keseluruhan responden dengan jumlah 5 orang. Nasabah yang berjumlah
3 orang berminat menabung pada produk tabungan emas, sementara 2 orang
lainnya belum berminat menabung pada produk tabungan emas. Nasabah
tertarik menabung pada tabungan emas di Pegadaian Syariah cabang Ahmad
Yani yaitu produk tabungan emas di Pegadaian Syariah ini menerapkan
konsep syariah. Konsep syariah menjadi daya tarik nasabah karena pada
penerapannya berdasarkan pada hukum dan aturan-aturan yang berlaku
berdasarkan hukum ekonomi islam, dan produk tabungan emas memiliki nilai
investasi yang relatif aman, berjangka panjang serta tidak berpengaruh
dengan inflasi. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah
dalam menabung tabungan emas adalah kualitas pelayanan, kepercayaan,
kemudahan akses, keamanan mempengaruhi minat nasabah dalam menabung
pada produk tabungan emas.