Abstract:
Ayu Nabila. 2024. Analisis SWOT usaha UMKM Ayam geprek umy Kota
Pontianak. Program Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Pembimbing Pertama Bapak Sabirin, M. AK., CPA. Pembimbing
Pendamping, Ibu Eka Junila Saragih, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengusaha ayam
geprek di Kota Pontianak yang menjadikan usaha prioritas bagi pengusahapengusaha
pemula sehingga tidak ada jarak antara penjual yang satu dengan
yang lainya, ada yang menggunakan ruko sebagai tempat ada juga yang
menggunakan grubak kontener untuk jualan di tepi jalan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui SWOT usaha UMKM ayam
geprek umi Kota Pontianak Bagaimana analisis swot dari unsur strength
(Kekuatan) pada usaha Ayam Geprek Umy Di Kota Pontianak Bagaimana
analisis swot dari unsur weakness (Kelemahan) pada usaha Ayam Geprek
Umy Di Kota Pontianak. Bagaimana analisis swot dari unsur opportunity
(Peluang) pada usaha Ayam Geprek Umy Di Kota Pontianak. Bagaimana
analisis swot dari unsur threat (Ancaman) pada usaha Ayam Geprek Umy Di
Kota Pontianak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kekuatan Pemasaran UMKM
(1). Ayam Geprek Umy memperhatikan kualitas ayam, kontinuitas hasil, dan
proses produksi ayam geprek. Produksi dilakukan dengan mudah dan resiko
yang kecil. Manajemen juga didasarkan dengan potensi SDA yang ada. (2).
Kelemahan. Modal yang kecil dipengaruhi oleh kondisi keuangan yang
kurang memadai. SDM dengan kemampuan usaha terbatas, kondisi
pemasaran kurang mendukung, pengelolaan kurang optimal dan bahan pokok
yang berkualitas sulit didapatkan. Selain itu manajemen pengelolaan
keuangan kurang baik. (3). Peluang. Peluang dalam UMKM Ayam Geprek
Umy adalah jarka yang dekat dengan kampus sehingga target utama adalah
mahasiswa Adapun Masyarakat umum menjadi target kedu dikarnakan
kondisi tempta usaha ditepi jalan raya. (4). Ancaman. Ancaman dari UMKM
Ayam Geprek Umy adalah kenaikan harga bahan pokok dan adanya
persaingan dari produk UMKM yang sejenis.