Implementasi Moderasi Beragama di Lingkungan Pendidikan Sekolah Dasar

Show simple item record

dc.contributor.advisor Admaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Nugroho, Wahyu
dc.contributor.author Trisnandini, Khairunnisa Dwi
dc.date.accessioned 2023-01-09T01:50:15Z
dc.date.available 2023-01-09T01:50:15Z
dc.date.issued 2023-01-05
dc.identifier.citation American Psychological Association 7th edition en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/1970
dc.description Khairunnisa Dwi Trisnandini (12001116) / Implementasi Moderasi Beragama di Lingkungan Pendidikan Sekolah Dasar / Dr. H. Dwi Surya Atmaja, M.A. / Wahyu Nugroho, M.H. en_US
dc.description.abstract Sudah menjadi sebuah keharusan, jika lingkungan pendidikan sekolah dasar memberikan penguatan nilai moderasi dalam beragama. Mengingat siswa di sekolah dasar mereka adalah anak usia sekitar 7-12 tahun yang dimana mereka sedang ada di tahap mengamati, mengetahui juga mulai belajar menganalisis antara yang baik dan yang buruk. Adapun tujuan penelitian dalam artikel ini yaitu guna mengeksplor pentingnya moderasi beragama yang ada di lingkungan pendidikan sekolah dasar. Sedangkan metode penelitiam yang digunakan ialah penelitiam pustaka (library research). Penelitian pustaka ini berguna untuk menggali informasi terkait pokok penelitian atau permasalahan yang ada, hasilnya ini didapat dari banyak sumber, antara lain: buku terkait, hasil penelitian serta didapat dari media lain baik cetak maupun dari elektronik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak di usia sekolah dasar jika mereka tidak diterima dalam sebuah tim atau lingkungan pertemana itu adalah suatu masalah yang besar, karena di usia ini mendapatkan pengakuan oleh lingkungan adalah sebuah keharusan. Hal Ini dapat menjadi sebuah bukti bahwa anak di usia ini masih polos sehingga mudah untuk dipengaruhi oleh peran guru. Karena itu, sebagai bentuk upaya untuk menanamkan keilmuan siswa-siswi sekolah dasar ini, harus dibarengi dengan cita-cita moderasi beragama. Adapun usaha untuk menanamkan dan cita-cita keagamaan mengenai moderasi beragama dapat dilakukan dengan penanaman nilai-nilai yang meliputi: Nilai iman, nilai ibadah, dan nilai Akhlak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN en_US
dc.subject moderasi beragama en_US
dc.subject pendidikan en_US
dc.subject sekolah dasar en_US
dc.title Implementasi Moderasi Beragama di Lingkungan Pendidikan Sekolah Dasar en_US
dc.type Tugas Kuliah en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account