Abstract:
Asri Jumiati. 11811152. “Pembelajaran Berwudhu Oleh Guru TPA Ar-Rahman Desa Raut Muara Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau”. Skripsi. Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran wudhu yang dilakukan oleh guru di TPA Ar-Rahman Dusun Raut Kayan; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa : 1) Proses pembelajaran wudhu di TPA Ar-Rahman terdiri dari tiga tahap utama : (a). Pada tahap perencanaan, guru menyesuaikan materi dengan kurikulum sekolah untuk memudahkan siswa memahami materi, (b). Pelaksanaan dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi, di mana siswa diajak untuk memahami dan mempraktikkan tata cara wudhu secara langsung, (c). Evaluasi dilakukan setiap hari Jumat melalui praktik langsung di hadapan guru dan orang tua. 2) (a). Faktor pendukung pembelajaran meliputi : (1). Antusiasme siswa, (2). Kedekatan emosional antara guru dan siswa, (3). Lingkungan yang bersih dan kondusif. (b). Adapun faktor penghambatnya meliputi : (1). Variasi usia siswa, (2). Keterbatasan daya tangkap anak usia dini,(3). Kendala fasilitas air. Keseluruhan proses menunjukkan bahwa pembelajaran wudhu di TPA Ar-Rahman telah berjalan efektif, meskipun masih terdapat kendala teknis yang perlu diperbaiki.