Abstract:
LINA ANNISA HUMAIRA (12001303), Variasi Media Video dan Power
Point dalam Pembelajaran Fiqih pada Materi Sujud Syahwi di MTS
Hidayatus Shibyan Desa Sungai Malaya. Skripsi : Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan Variasi Media
Video dan Power Point Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Materi Sujud
Syahwi; 2) mendeskripsikan Problematika Variasi Media Video dan Power
Point Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Materi Sujud Syahwi; 3)
mendeskripsikan bagaimana hasil pembelajaran fiqih pada materi ujud
syahwi menggunakan media video dan powert point.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif-kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Hidayatus
Shibyan Desa Sungai Malaya, Kec. Sungai Ambawang. Sumber data
penelitian Kepala Sekolah, guru Fiqh, dan peserta didik. Sementara teknik
pengumpulan datanya yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data mulai dari mulai dari reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variasi Media Video dan
Power Point Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Materi Sujud Syahwi di MTs
Hidayatus Shibyan yaitu a) Media pembelajaran seperti PowerPoint dan
video dalam pembelajaran Fiqih terbukti meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi sujud sahwi. b) Variasi Media: menjadikan pembelajaran
lebih adaptif dan menyenangkan, serta memperkuat pemahaman konseptual
dan praktikal siswa dalam pelajaran Fiqih. 2) Problematika Variasi Media
Video dan PowerPoint dalam Pembelajaran Fikih pada Materi Sujud Syahwi
di MTs Hidayatus Shibyan, yaitu a) Problematika Variasi Media
Pembelajaran: keterbatasan kemampuan teknis dalam merancang media,
minimnya fasilitas pendukung, serta keterbatasan waktu akibat beban kerja.
b) Solusi Guru dalam Menyelesaikan Problematika Media: melakukan
kolaborasi antar guru. c) Respon Siswa terhadap Media Video dan
PowerPoint: Siswa merasa lebih mudah memahami materi, terutama bagian
praktik seperti gerakan sujud syahwi. 3) Hasil Belajar Siswa Menggunakan
Media Video dan Powert Point Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Materi Sujud
Syahwi, yaitu: a) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan media video dan
PowerPoint: siswa mengalami kesulitan memahami dan mempraktikkan
materi sujud syahwi. b) Hasil belajar siswa setelah menggunakan media video
dan PowerPoint: terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman dan
keterampilan siswa. c) Evaluasi guru terhadap penggunaan media video dan
PowerPoint: Sangat membantu dalam menyampaikan materi sujud syahwi
secara efektif.