BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MIFTAHUSSALAM

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Ramadhan, Muhammad Syahrul
dc.date.accessioned 2025-08-11T07:17:27Z
dc.date.available 2025-08-11T07:17:27Z
dc.date.issued 2025-07-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7372
dc.description.abstract M. Syahrul Ramadhan, BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MIFTAHUSSALAM . Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana budaya sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam: kedua untuk mengetahui peran guru dalam membentuk cinta lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam: dan ketiga untuk mengetahui apa saja dampak budaya sekolah dalam membentuk karakter cinta lingkungan Madrasah Ibtidaiyah Miftahussalam. Penelitian ini menggunakan metode interaktif, pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu guru serta sumber data sekunder berupa observasi, dan dokumentasi sekolah. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dipaparkan secara sistematis. Hasil penelitian menyimpulkan budaya sekolah di MIS Miftahussalam Budaya sekolah yang diterapkan di MIS Miftahussalam sangat mendukung pembentukan karakter cinta lingkungan. Budaya tersebut diwujudkan dalam bentuk kebiasaan dan aturan seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kamar mandi, tidak menginjak rumput atau memetik bunga, serta merawat tanaman di lingkungan sekolah. Budaya ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari siswa/siswi di sekolah. Kedua Peran guru dalam membentuk karakter cinta lingkungan Guru memiliki peran sentral dalam membentuk karakter siswa, khususnya karakter cinta lingkungan. Setiap guru secara aktif memberikan arahan, contoh perilaku, serta pengawasan kepada siswa untuk menerapkan kebiasaan menjaga lingkungan. Selain itu, guru juga melibatkan orang tua dalam pembinaan karakter ini agar berkesinambungan antara lingkungan rumah dan sekolah. Ketiga Dampak budaya sekolah dalam membentuk karakter cinta lingkungan Dampak yang ditimbulkan dari budaya sekolah ini sangat positif. Siswa terbiasa menjaga kebersihan baik di sekolah maupun di rumah, memiliki kesadaran untuk merawat tanaman, serta menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Hal ini menunjukkan bahwa budaya sekolah yang konsisten dan didukung oleh seluruh elemen sekolah mampu membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Pembentukan Karakter en_US
dc.subject Cinta Lingkungan en_US
dc.subject Budaya Sekolah. en_US
dc.title BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER CINTA LINGKUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA MIFTAHUSSALAM en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account