PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 13 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muthmainnah, Fitri
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.author Azani, Wina Nurul
dc.date.accessioned 2025-07-31T06:17:07Z
dc.date.available 2025-07-31T06:17:07Z
dc.date.issued 2025-07-15
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7123
dc.description.abstract WINA NURUL AZANI, Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 13 Sungai Kakap. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kecerdasan visual spasial peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS dikelas kontrol tanpa menggunakan model contextual teaching and learning. 2) Mendeskripsikan kecerdasan visual spasial peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS dikelas eksperimen dengan menggunakan model contextual teaching and learning. 3) mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model contextual teaching and learning terhadap kecerdasan visual spasial peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV kontrol dan eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas IVA dan IVB dengan teknik pengambilan sampel jenuh yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas IV A dan B yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran (tes), teknik observasi dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar soal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas homogenitas dan uji hipotesis (uji t-test) dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan visual spasial peserta didik kelas IV SDN 13 Sungai Kakap tanpa menggunakan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPAS kelas kontrol terdapat dengan nilai rata-rata pre-test 68,43 dan nilai rata-rata post-test peserta didik sebesar 71,33. 2) Kecerdasan visual spasial peserta didik kelas IV SDN 13 Sungai Kakap dengan menggunakan model contextual teaching and learning pada mata Pelajaran IPAS kelas eksperimen terdapat nilai rata-rata pre-test 73,33 dan nilai rata-rata post-test peserta didik sebesar 81,50. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model contextual teaching and learning terhadap kecerdasan visual spasial peserta didik pada mata Pelajaran IPAS kelas IV kontrol dan eksperimen di SDN 13 Sungai Kakap. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model Contextual Teaching and Learning en_US
dc.subject Kecerdasan Visual Spasial en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 13 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account