PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 11 KECAMATAN PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ma'ruf, Ma'ruf
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author Syaila, Ila
dc.date.accessioned 2025-07-31T02:46:45Z
dc.date.available 2025-07-31T02:46:45Z
dc.date.issued 2025-07-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7114
dc.description.abstract ILA SYAILA. Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Pembiasaan Shalat Dzuhur Siswa Kelas 4 SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak Kota. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam Negeri Pontianak. 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada proses pembiasaan shalat Dzuhur disekolah masih banyak siswa-siswi yang belum terbiasa menjalankan shalat secara rutin, baik karena kurangnya pembiasaan dari lingkungan keluarga maupun minimnya peran lembaga pendidikan dalam membentuk kebiasaan tersebut. Berdasarkan identifikasi masalah maka penelitian ini difokuskan pada peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membiasakan siswa kelas 4 di SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak Kota untuk melaksanakan shalat Dzuhur di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membiasakan dan membimbing siswa dalam melaksanakan shalat Dzuhur, dan mengkaji berbagai faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan fokus masalah, sumber data penelitian ini adalah guru PAI kelas 4 SD Negeri 11 Kecamatan Pontianak Kota. Analisa data bersifat kualitatif dan hasil penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif model Miles, Huberman dan Saldana. Menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member chechk, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut : 1) Pelaksanaan shalat Dzuhur di sekolah sudah terlaksana. 2) Guru memberikan pemahaman serta pelatihan agar siswa melaksanakan shalat Dzuhur tanpa perlu perintah dari guru. 3) Guru mengajarkan tata cara shalat sesuai tuntunan dan melakukan pengawasan langsung sebagai bentuk evaluasi. 4) Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya namun guru PAI dapat memberikan solusinya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Peran Guru PAI en_US
dc.subject Pembiasaan en_US
dc.subject Shalat Dzuhur en_US
dc.title PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBIASAAN SHALAT DZUHUR SISWA KELAS 4 SD NEGERI 11 KECAMATAN PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account