EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM TAKHASSUS TERHADAP PESERTA DIDIK KHUSUS TAKHASSUS DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SMPIT AL -FITYAN KUBURAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.advisor Aziz, Abdul
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.author Mufarrina, Julsa
dc.date.accessioned 2025-07-31T01:19:48Z
dc.date.available 2025-07-31T01:19:48Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7094
dc.description.abstract Julsa Mufarrina, 12101165, Efektivitas Pelaksanaan Program Takhassus Terhadap Peserta Didik Takhassus Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’am Di SMP Islam Terpadu Kubu Raya, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mengukur efektivitas pelaksanaan program takhassus terhadap peserta didik khusus takhassus dalam meningkatkan hafalan al-qur’am di SMPIT Kubu Raya. Program takhassus merupakan pendekatan khusus yang telah diterapkan dalam program tahfidz diharapkan mampu meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik secara sistematis dan terstruktur. Namun, pengukuran sejauh mana program ini berkontribusi dalam kualitas hafalan masih perlu di telaah secara emperis melalui penelitian yang terukur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program takhassus dilakukan serta untuk mengukur tingkat efektivitasnya dalam mendukung peningkatan hafalan peserta didik khusus takhassus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei untuk memperoleh data yang objektif dan sistematis mengenai pelaksanaan metode takhassus. Data dikumpulkan melalui observasi non-partisipan terhadap proses pembelajaran serta angket tertutup yang disebarkan kepada 30 peserta didik program tahfidz. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan metode, serta uji-t (one sample t-test) untuk menguji hipotesis efektivitas program takhassus Berdasarkan temuan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program takhassus di SMPIT Al-Fityan Kubu Raya berjalan secara terstruktur dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas hafalan peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan program takhassus tergolong efektif dengan skor rata-rata 4,0 pada skala Likert dari hasil observasi. Sementara itu, skor rata-rata angket mencapai 55,83, yang berada di atas batas nilai efektivitas yaitu 51. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan nilai signifikansi yang menolak hipotesis nol (H₀) dan menerima hipotesis alternatif (H₁), sehingga program takhassus secara signifikan efektif dalam meningkatkan hafalan peserta didik khusus takhassus. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hafalan Al-Qur’an en_US
dc.subject Program Takhassus en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.title EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM TAKHASSUS TERHADAP PESERTA DIDIK KHUSUS TAKHASSUS DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI SMPIT AL -FITYAN KUBURAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account