KERJASAMA GURU KELAS DAN ORANG TUA PESERTA DIDIK DALAM PENANAMAN AKHLAK DI SDIT AL-MUMTAZ PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.author KHASANAH, AKHLAQUL RACHMA
dc.date.accessioned 2025-07-29T06:43:54Z
dc.date.available 2025-07-29T06:43:54Z
dc.date.issued 2025-06-25
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7054
dc.description.abstract Akhlaqul Rachma Khasanah (12001018), Kerjasama Guru Guru kelas dan Orang tua Peserta Didik Dalam Penanaman Akhlak di SDIT Al-Mumtaz Pontianak Tahun Ajaran 2025. Prodi Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bentuk kerjasama guru guru kelas dan orang tua peserta didik dalam penanaman akhlak di SDIT Al Mumtaz Pontianak; (2) Upaya-upaya guru dalam melibatkan orangtua pada pendidikan akhlak; (3) Faktor penghambat kerjasama guru dan orang tua peserta didik dalam penanaman akhlak di SDIT Al-Mumtaz. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, verivikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan dan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, trianggulasi, dan mengadakan member chek. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk kerjasama guru guru kelas dan orang tua peserta didik dalam penanaman akhlak di SDIT Al Mumtaz Pontianak yaitu, bentuk dari kerjasama guru dan orang tua sangat penting dalam penanaman akhlak pada peserta didik untuk mencapai satu tujuan yang sama yaitu membangun serta menanamkan kepribadian yang baik terhadap peserta didik tersebut. Kerjasama ini terbentuk dari adanya kegiatan patenting education, komunikasi serta keterlibatan orangtua. 2) Upaya guru dalam melibatkan orangtua pada pendidikan akhlak, dalam hal ini guru juga melibatkan orangtua dalam proses pembelajaran peserta didik baik di rumah maupun di sekolah. Dalam keterlibatan ini guru mengundang orangtua dalam kegiatan sekolah seperti pertemuan setiap bulan, memberikan informasi dalam pertumbuhan anak, serta menyediakan vasilitas bagi orangtua. 3) Faktor penghambat kerjasama guru dan orangtua peserta didik juga merupakan salah satu halangan atau ketidak baikan terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Karena guru tidak hanya memperhatikan peserta didiknya satu persatu karena ada tugas pekerjaan lain, sedangkan orangtua juga memiliki waktu yang sangat sedikit terhadap anaknya karena sibuknya kerja untuk mengejar karir nya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kerjasama en_US
dc.subject Orangtua en_US
dc.subject Penanaman Akhlak en_US
dc.title KERJASAMA GURU KELAS DAN ORANG TUA PESERTA DIDIK DALAM PENANAMAN AKHLAK DI SDIT AL-MUMTAZ PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account