PENGARUH PENGGUNAAN METODE TSAQIFAH TERHADAP KEMAMPUAN MURID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN AL-AKBAR KOMPLEK PONDOK NADIESKA PERMAI 2 PONTIANAK TAHUN 2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.advisor Hasanah, S.Nor
dc.contributor.author Savitry, Cintya
dc.date.accessioned 2025-07-28T03:10:54Z
dc.date.available 2025-07-28T03:10:54Z
dc.date.issued 2025-06-25
dc.identifier.citation APA en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7020
dc.description.abstract Cintya Savitry. 12101145. Pengaruh Penggunaan Metode Tsaqifah Terhadap Kemampuan Murid dalam Membaca Al-Qur’an di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al-Akbar Komplek Pondok Nadieska Permai 2 Pontianak. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya murid TPA yang belum mencapai kemampuan optimal dalam membaca Al-Qur’an, meskipun telah mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Adapun tujuan penelitian yaitu: 1) Mendeskripsikan penggunaan Metode Tsaqifah di TPA Al-Akbar Pontianak, 2) Mengukur Kemampuan Membaca Al-Qur’an murid TPA Al-Akbar Pontianak, dan 3) Menganalisis Signifikansi Penggunaan MetodeTsaqifah terhadap kemampuan Membaca Al-Qur'an murid TPA Pontianak. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain One Shot Case Study, Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah murid TPA Al-Akbar yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ialah: 1) Penggunaan Metode Tsaqifah diperoleh skor sebesar 96,6. Nilai tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan Metode Tsaqifah di TPA Al-Akbar Pontianak berada dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan metode ini telah berjalan dengan efektif, 2) Kemampuan Membaca Al-Qur’an dari 12 santri yang menjadi sampel penelitian terdapat 6 murid yang mendapatkan nilai sangat baik (50%), dan sebanyak 2 murid yang mendapatkan nilai cukup (17%), kemudian sebanyak 4 murid yang mendapatkan nilai kurang baik 3) Signifikansi dari hasil thitung yakni sebesar 3,7433. Selanjutnya, hasil tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel. Hasil ttabe.l adalah 2,23 dan 3,17. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya “ada "hubungan yang signifikan". MetodeTsaqifa terhadap kemampuan murid dalam Membaca Al-Qur'an di TPA Al-Akbar Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Tsaqifah en_US
dc.subject murid TPA en_US
dc.subject Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE TSAQIFAH TERHADAP KEMAMPUAN MURID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN AL-AKBAR KOMPLEK PONDOK NADIESKA PERMAI 2 PONTIANAK TAHUN 2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account