Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rianawati, Rianawati
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.author Marliniyanti, Ulfa
dc.date.accessioned 2025-07-28T02:02:22Z
dc.date.available 2025-07-28T02:02:22Z
dc.date.issued 2023-10-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7007
dc.description.abstract Ulfa Marliniyanti, 11811123. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya isu nasional terkait lingkungan seperti sampah, sumber daya air, dan lahan yang diakibatkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab yang berdampak buruk bagi manusia yakni banjir, tanah longsor, polusi udara, dan kekeringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah langkah (tahapan) Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak. 2) Faktor penunjang dan penghambat dari pelaksanaan Program Adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk kalimat baik dalam bentuk tertulis ataupun lisan dari partisipan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menjelaskan pelaksanaan program Adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Sedangkan sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Koordinator, Guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa serta data sekunder yaitu file dan dokumentasi Program Adiwiyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, dan member check. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah; Pertama, pelaksanaan pendidikan karakter melalui program adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak melalui tahapan inkalkulasi nilai, pembinaan, keteladanan, pengembangan keterampilan akademik dan sosial, dan fasilitasi. Kedua, Adapun faktor penunjang terlaksananya program adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak diantaranya dukungan SDM, pengadaan bibit, dukungan orang tua murid, sarana prasana pendukung ramah lingkungan, alokasi anggaran sekolah, dan penyuluhan dari duta lingkungan hidup. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Peduli Lingkungan en_US
dc.subject Program Adiwiyata en_US
dc.title Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata di SMP Negeri 18 Pontianak en_US
dc.title.alternative Perspektif Pendidikan Agama Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account