dc.contributor.advisor | Hasmy, Ali | |
dc.contributor.advisor | Zaini, Akhmad | |
dc.contributor.advisor | Hermansyah, Hermansyah | |
dc.contributor.advisor | Setyaningrum, Vidya | |
dc.contributor.author | Fitria, Fitria | |
dc.date.accessioned | 2025-07-22T08:29:55Z | |
dc.date.available | 2025-07-22T08:29:55Z | |
dc.date.issued | 2023-02 | |
dc.identifier.uri | https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6932 | |
dc.description.abstract | FITRIA, Penerapan Strategi Word Square Berbantuanan LKPD untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tema4 Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 09 Pontianak Utara Siantan Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) Langkah-langkah penerapan strategi word square untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 kelas V SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 setelah diterapkannya strategi word square di kelas V di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 siklus pertama. 3) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 setelah diterapkannya strategi word square di kelas V di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 siklus kedua. 4) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 dari siklus pertama ke siklus kedua setelah penerapan strategi word square kelas V di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 di kelas tindakan dibandingkan dengan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 09 Pontianak Utara Siantan Hulu dengan datanya bersumber adalah peserta didik kelas V. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar studi dokumen. Teknis analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif dan analisis perbandingan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa1) Langkah-langkah penerapan strategi word square sudah dilaksanakan dengan baik. 2) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 setelah diterapkannya strategi word square di kelas V di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 siklus pertama kelas tindakan rata-rata 3.4815 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata 2.1379. 3) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 setelah diterapkannya strategi word square di kelas V di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 siklus pertama kelas tindakan rata-rata 5.7407 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata 2.000. Maka dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan strategi Word Square berbantuanan LKPD pada aktivitas belajar peserta didik. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | IAIN Pontianak | en_US |
dc.subject | Strategi Word Square | en_US |
dc.subject | LKPD | en_US |
dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
dc.title | Penerapan Strategi Word Square Berbantuanan LKPD Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Pembelajaran Tematik Tema4 Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 09 Pontianak Utara Siantan Hulu Tahun Pelajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |