dc.description.abstract |
Siti Meysya Herda Natasya (12110001), Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Nilai-Nilai Pancasila di Kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun Ajaran 2025M/1446H.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar nilai-nilai pancasila di kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan yang tergolong masih rendah, sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam penelitian tersebut, selain itu juga di kelas tersebut belum pernah menggunakan model pembelajaran kontextual, peneliti juga menggunakan dua kelas yaitu kelas Kontrol (III A) dan kelas Exsperimen (III B), yang terdiri dari dua tes soal yaitu tes Pretest dan Posttest.
Adapun yang mejadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi penerapan nilai pancasila kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). pada materi penerapan nilai-nilai pancasila kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. 3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai pancasila di kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen, dengan pendekatan one grup pretest pottest. Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 20 Pontianak Selatan. Alat pengumpulan data yang di gunkan adalah tes, obeservasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data: Uji instrumen, Uji kelayakan instrumen, Uji prasyarat, dan Uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Dengan tanpa menerapkan model Contextual Teaching and Learnig (CTL) kelas kontrol tergolong rendah dengan nilai rata-rata Pretest 42,05 Posttest 63,15 2). Dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learnig di kelas eksperimen ada peningkatan nilai rata-rata Pretest 46,03 Posttest 77,54 3). Berdasarkan hasil uji analisis skor pretest dan posttest kelas eksperimen bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,001 dan 0,003 < dari 0,05. Sehingga H0 ditolak, Ha diterima, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas III SD Negeri 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. |
en_US |