Abstract:
Syamrotun Jinani, Pengaruh Penggunaan Model Team Games Tournament Dengan Media Ular Tangga Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Bilangan Cacah di Kelas II Putra SDIT Al-Madinah Pontianak Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Rata-rata prestasi belajar kelas kontrol tanpa menggunakan model TGT dengan media ular tangga pada materi bilangan cacah di kelas II Putra SDIT AL-Madinah Pontianak., 2) Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen menggunakan model TGT dengan media ular tangga pada materi bilangan cacah di kelas II Putra SDIT AL-Madinah Pontianak., dan 3) Besarnya pengaruh model TGT dengan media ular tangga terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi bilangan cacah di kelas II Putra SDIT AL-Madinah Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonrandomized control group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas II Putra di SDIT Al-Madinah Pontianak dan sampelnya adalah kelas II Putra A dan II Putra B yang berjumlah 58 peserta didik dengan menggunakan Teknik sampling jenuh. Pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan pada kelas eksperimen menggunakan model Team Games Tournament dengan media ular tangga. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes essay, observasi berupa daftar checklist dan dokumentasi. Teknik analisis datanya berupa analisis instrument, analisis deskriptif dan uji statistik non-parametrik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menggunakan model TGT dengan media ular tangga nilai pretest sebesar 50,67 dan nilai rata-rata posttest meningkat sebesar 18,33 jadi nilai rata-rata posttest peserta didik kelas kontrol sebesar 69,00., 2) rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan model TGT dengan media ular tangga nilai pretest sebesar 53,21 dan nilai rata-rata posttest meningkat sebesar 24,65 jadi nilai rata-rata posttest peserta didik kelas eksperimen sebesar 77,86., dan 3) Berdasarkan uji hipotesis non-parametrik Mann Whitney nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004. yang menunjukkan kurang dari 0,005. hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun besarnya pengaruh model TGT dengan media ular tangga terhadap prestasi belajar peserta didik, peneliti menghitung menggunakan uji pengaruh (Effect Size) dengan rumus Cohen’s d di dapatkan hasil 0,787633 atau setara dengan 0,7 maka besar pengaruh antara dua kelompok berada di tingkat sedang. Adapun persentasenya sebesar 43,0%.