dc.description.abstract |
ANISA RAHMADANI, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 09 Pontianak Barat. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, hasil belajar peserta didik kelas IV sebelum menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 09 Pontianak Barat. Kedua, mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV di SDN 09 Pontianak Barat. Ketiga, hasil belajar peserta didik kelas IV sesudah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 09 Pontianak Barat. Keempat, besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (ttw) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia menentukan ide pokok dalam paragraf pada peserta didik kelas IV di SDN 09 Pontianak Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk quasi eksperimen dengan jenis desain non equivalent. Tempat penelitiannya di SDN 09 Pontianak Barat. Jalan RE Martadinata, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78113. Tekniknya berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alatnya berupa blanko observasi, tes, kamera. Analisis produk dan analisis pelaksanaan, menggunakan analisis instrumen, dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: Pertama, terdapat perbedaan kemampuan awal hasil belajar pada pretest kelas ekperimen dengan nilai rata-ratanya adalah 68,2. Kedua, penerapan model pembelajaran ttw dalam proses ini dapat dilihat dari nilai peserta didik pada postest kelas eksperimen dengan persentase hasil belajar 89,2 dikategorikan baik. Ketiga, terdapat pengaruh signifikan pada uji t dengan 72,429 memiliki taraf signifikansi 0.000 maka hipotesis alternatif diterima dan disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Keempat besar pengaruh Dilihat dari nilai R Square = 0.030. dengan demikian besar pengaruh dari hasil belajar peserta didik menggunakan adalah 0.030 x 100%
= 0,03%. sedangkan sisanya 100% - 0.011% = 99.989% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini |
en_US |