Abstract:
Leles Suryani.2023. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Peningkatan Kemampuan Penguasaaan Kosakata Peserta didik dengan
Menggunakan Strategi Reading Guide Berbantuan Media Big Book pada
Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN 27 Pontianak Timur Tahun Ajaran
2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan penguasaan
kosakata peserta didik dengan menggunakan strategi Reading Guide berbantuan
media Big Book pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas I SDN 27 Pontianak
Timur.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus,
tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN 27 Pontianak
Timur, sejumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
Embedded Desisgn.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan minat belajar dan
keterampilan menyimak cerita. Hal ini di buktikan dengan kriteria sebesar 65
diperoleh rata-rata dengan ketuntasan klasikal minimal 70% dan rata-rata 51,4
dengan ketuntasan klasikal sebesar 30%, untuk siklus I mengalami sedikit
peningkatan dengan rata-rata sebesar 67,5 dengan ketuntasan klasikal yaitu 50%
dan di siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 77,6 untuk ketuntasan
klasikal sebesar 90%.