dc.description.abstract |
EMI WARDANI, Pengaruh penggunaan model pembelajaran
Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi
perkalian di kelas II SD Plus Bina Empat Lima Pontianak Timur Tahun
Ajaran 2025/2026: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ditemukan adalah
rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas II SD Plus Bina
Empat Lima pada materi perkalian, yang diakibatkan oleh kombinasi antara
kurangnya pemahaman konsep dasar perkalian, minimnya kebiasaan belajar
di rumah, dan dominannya penggunaan model pembelajaran langsung oleh
guru yang tidak memfasilitasi pengembangan berpikir kritis.
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Penggunaan model
pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada
materi perkalian di kelas II SD; (2) Kemampuan berpikir kritis pada materi
perkalian di kelas II SD; (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran
flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian
di kelas II SD; (4) Besar pengaruh pengunaan model pembelajaran flipped
classrrom terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perkalian di kelas
II SD.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian
adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design.
Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dimana terpilih
kelas II A sebagai kelas kontrol dan kelas II B sebagai kelas eksperimen.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, dan
studi dokumen. Adapun alat pengumpulan data terdiri dari soal tes, lembar
observasi, dan perangkat elektronik (HP). Teknik analisis data meliputi
analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran flipped classroom berhasil
dilaksanakan 100%, mulai dari persiapan pembelajaran di rumah hingga
pelaksanaan pembelajaran di sekolah. 2) Nilai rata-rata pretest kelas kontrol
43,15 dan 47,44 di kelas eksperimen. Sedangkan nilai rata-rata posttest di
kelas kontrol yaitu 70,00 dan 84,85 di kelas eksperimen. 3) Hasil independent
sample t test diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh. 4) Hasil
perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 1,52 yang artinya, memberi
pengaruh yang sangat besar |
en_US |