Penggunaan Strategi Reading Aloud Dibantu Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II DI SDN 09 Teluk Keramat Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Azliana, U.
dc.date.accessioned 2025-06-30T09:00:20Z
dc.date.available 2025-06-30T09:00:20Z
dc.date.issued 2024-05-28
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6657
dc.description.abstract U. Azliana, Penggunaan Strategi Reading Aloud Dibantu Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II DI SDN 09 Teluk Keramat Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca dimana masih terdapat peserta didik yang memiliki kesulitan dalam membaca, seperti penggunaan dalam tanda baca, terbata-bata dalam membaca, pelafalan yang kurang tepat. Adapun tujuan penelitian yakni 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik sebelum diterapkannya strategi Reading Aloud dibantu dengan media komik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) Mendeskripsikan penerapan strategi Reading Aloud dibantu dengan media komik untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3) Mendeskripsikan kemampuan membaca peserta didik sesudah diterapkannya strategi Reading Aloud dibantu dengan media komik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca peserta didik sesudah diterapkannya strategi Reading Aloud dibantu dengan media komik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SDN 09 Teluk Keramat berjumlah 23 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, teknik observasi, dan dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, lembar observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan membaca peserta didik pada pra siklus memiliki persentase 42,39% dengan kategori cukup 2) Penerapan pada siklus 1 dan 2 meliputi kegiatan awal, inti dan akhir dengan durasi waktu 2x35 menit, 3) Setelah diterapkan strategi Reading Aloud, pada siklus 1 diperoleh rata-rata 61,60% dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus 2 diperoleh rata-rata 81,89% pada kategori sangat baik, 4) Terdapat peningkatan kemampuan membaca setelah melalui siklus 2 dengan persentase akhir 81,89% pada kategori sangat baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Reading Aloud en_US
dc.subject Kemampuan Membaca en_US
dc.title Penggunaan Strategi Reading Aloud Dibantu Dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II DI SDN 09 Teluk Keramat Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account