Pengaruh Metode Blended Learning Dibantu Aplikasi Chatbot KANA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author Sumiati, Sumiati
dc.date.accessioned 2025-06-30T06:45:04Z
dc.date.available 2025-06-30T06:45:04Z
dc.date.issued 2024-05-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6652
dc.description.abstract SUMIATI, Pengaruh Metode Blended Learning Dibantu Aplikasi Chatbot KANA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Peguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penggunaan teknologi dalam pendidikan akan memberikan sebuah inovasi atau dampak yang baik pada sistem pembelajaran. Aplikasi chatbot adalah salah satu teknologi canggih yang dapat digunakan dan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Pada observasi awal, terdapat informasi bahwa kelas A dan B memiliki kesulitan dalam belajar IPA dengan rata-rata nilai pembelajaran IPA 65,2 dan 62,3 yang masih tergolong rendah. Dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1) hasil belajar pretest kelas kontrol 2) hasil belajar posttest kelas kontrol, 3) hasil belajar pretest kelas eksperimen 4) hasil belajar posttest kelas eksperimen,5) Pengaruh penerapan metode Blended Learning berbantuan aplikasi chatbot terhadap nilai belajar peserta didik, 6) seberapa besar Pengaruh penerapan metode Blended Learning dibantu aplikasi chatbot KANA terhadap nilai belajar peserta didik di SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan jenis penelitian Quasi Experimental dengan Design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 108 dari tiga kelas dan Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V (A dan B) yang berjumlah 73 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Test, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis data diperoleh: 1) Nilai belajar pretest kelas kontrol sebesar 31,62. 2) Nilai belajar posttes kelas kontrol sebesar 54,05, 3) Nilai belajar pretest kelas eksperimen sebesar 45, 4) Nilai belajar posttes kelas eksperimen sebesar 76,94, 5) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode blended learning dibantu aplikasi chatbot KANA, 6) Penerapan metode blended learning dibantu aplikasi chatbot KANA memiliki pengaruh sebesar 8,5230. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject chatbot en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject metode blended learning en_US
dc.title Pengaruh Metode Blended Learning Dibantu Aplikasi Chatbot KANA pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account