dc.description.abstract |
ISTIKOMAH, Penerapan Model Think Pair Share (TPS) dibantu dengan Media 3D
Hologram Smartphone untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VI
pada Materi Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan di MIS Thoriqul Huda Sintang: Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan: 1) Keterampilan berpikir kritis peserta didik
kelas VI sebelum diterapkan model Think Pair Share (TPS) dibantu dengan media 3D hologram
smartphone pada materi perkembangbiakan hewan dan tumbuhan di MIS Thoriqul Huda Sintang
tahun ajaran 2023/2024; 2) Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VI setelah diterapkan
model Think Pair Share (TPS) dibantu dengan media 3D hologram smartphone pada materi
perkembangbiakan hewan dan tumbuhan di MIS Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran 2023/2024;
3) Peningktan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Think Pair Share
(TPS) dibantu dengan media 3D hologram smartphone pada materi perkembangbiakan hewan dan
tumbuhan di MIS Thoriqul Huda Sintang tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau yang dikenal dengan
istilah action research dalam bahasa Inggris, jenis penelitian ini sangat cocok bagi guru untuk
mengembangkan pembelajaran karena dalam pembelajaran melalui penelitian Tindakan kelas relatif
sederhana dan mudah digunakan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Hasil
keterampilan berpikir kritis peserta didik sebelum diterapkannya model Think Pair Share (TPS)
dibantu dengan media 3D hologram smartphone memperoleh persentase ketuntasan 7,1%; 2) Hasil
keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Think Pair Share (TPS)
dibantu dengan media 3D hologram smartphone memperoleh presentase ketuntasan 15% pada
siklus I, dan pada siklus II memperoleh presentase ketuntasan sebanyak 77%; 3) Hasil
keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model Think Pair Share (TPS)
dibantu dengan media 3D hologram smartphone mengalami peningkatan sebanyak 7,9% pada
siklus I dan sebanyak 62% pada siklus II. Kemudian besar peningkatan hasil keterampilan berpikir
kritis peserta didik dari pra siklus sebesar 69,9%. |
en_US |