PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS NURUL ISLAM PONTIANAK BARAT TAHUN AJARAN 2025/2026

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author Kumalasari, Anggi
dc.date.accessioned 2025-05-20T08:13:49Z
dc.date.available 2025-05-20T08:13:49Z
dc.date.issued 2025-04-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6409
dc.description.abstract ANGGI KUMALASARI, Penerapan Model Pembelajaran Writing In The Here And Now Berbantuan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Nilai Kemampuan Menulis Cerita Pada Peserta Didik Kelas IV MIS Nurul Islam Pontianak barat tahun ajaran 2025/2026: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institute Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana keterampilan menulis cerita peserta didik sebelum diterapkan model writing in the here and now berbantuan media gambar berseri pada peserta didik kelas IV MIS Nurul Islam, 2) bagaimana Langkah-langkah model writing in the here and now berbantuan media gambar berseri pada peserta didik kelas IV MIS Nurul Islam, 3) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerita sesudah diterapkan model writing in the here and now berbantaun media gambar berseri pada peserta didik kelas IV MIS Nurul Islam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis cerita peserta didik kelas IV MIS Nurul Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Alat pengumpulan data lembar tes, lembar observasi dan dokumentasi. Untuk Teknik analisis data peneliti peneliti menggunakan Teknik analisis deskripsi kualitatif untuk hasil obervasi dan analisis deskripsi kuantitatif untuk hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama presentase sebelum diterapkan model writing in the here and now berbantuan media gambar berseri sebesar 76% peserta didik yang tergolong rendah atau masuk kedalam kriteria belum tuntas. Kedua Langkah-langkah model writing in the here and now berbatuan media gambar berseri berjalan dengan baik. Ketiga presentase kemampuan menulis cerita setelah menggunakan model writing in the here and now berbantuan media gambar berseri MIS Nurul Islam Pontianak, secara keseluruhan telah mengalami peningkatan dari pratindakan dan setiap siklusnya. ada pratindakan (23%) ke siklus I (40%) dan ke siklus II (83%) mengalami peningkatan dari pratindakan ke siklus I sebesar (18%) dan siklus I ke siklus II sebesar (41,3%) sehingga sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 70% peserta didik tergolong kriteria baik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Menulis Cerita en_US
dc.subject Metode Dan Media Pembelajaran en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WRITING IN THE HERE AND NOW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIS NURUL ISLAM PONTIANAK BARAT TAHUN AJARAN 2025/2026 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account