Abstract:
Miftah Amelia (12110051), Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Tipe Perisai Kepribadian Pada Pendidikan Pancasila SD Negeri 03 Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan peneliti yakni penggunaaan model Value Clarification Technique (VCT) sudah diterapkan secara garis umum namun belum menggunakan berbagai tipe yang terdapat dalam model tersebut, sehingga peneliti ingin lebih memfokuskan menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe perisai kepribadian, yang dianggap cocok untuk penguatan profil pelajar Pancasila, khususnya dimensi gotong royong dengan perisai kepribadian pada Pendidikan Pancasila materi musyawarah.
Tujuan penelitian umum yaitu: Mendeskripsikan tentang penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe perisai kepribadian pada Pendidikan Pancasila materi Musyawarah Kelas IV B SD Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Tujuan penelitian khusus terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan proses kerjanya sumber data guru kelas IV B, data dikumpulkan seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang dipaparkan secara sistematis kontektual dan faktual.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Perencanaan penguatan profil pelajar Pancasila, telah dilakukan oleh guru dengan membuat modul ajar, membuat pengembangan model, membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dengan memperhatikan profil pelajar Pancasila, khususnya dimensi gotong royong materi musyawarah di kelas IV B SD Negeri 03 Pontianak Timur. 2) Pelaksanaan langkah-langkah model Value Clarification Technique (VCT) tipe perisai kepribadian, telah dilakukan dengan menyediakan tabel perisai kepribadian, dan mengklarifikasi nilai perilaku untuk terciptanya suasana pembelajaran yang mendorong nilai profil pelajar Pancasila, khususnya dimensi gotong royong pada peserta didik di kelas IV B SD Negeri 03 Pontianak Timur. 3) Evaluasi penguatan profil pelajar Pancasila, telah dilakukan dengan menggunakan teknik tes berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan jenis evaluasi tes untuk menilai afektif peserta didik di kelas IV B SD Negeri 03 Pontianak Timur.