ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELLING DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE UNTUK MENGETAHUI PENGARUH ANTARA KECEMASAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTs. MUJAHIDIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.advisor Sumin, Sumin
dc.contributor.advisor Sarassanti, Yumi
dc.contributor.author Rehaini, Tasya
dc.date.accessioned 2025-04-22T07:18:01Z
dc.date.available 2025-04-22T07:18:01Z
dc.date.issued 2025-03-20
dc.identifier.citation APA STYLE en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/6176
dc.description.abstract TASYA REHAINI, Analisis Structural Equation Modelling dengan Pendekatan Partial Least Square untuk Mengetahui Pengaruh Antara Kecemasan MatematiS dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Di MTs. Mujahiddin Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kecemasan matematis; 2) Mendeskripsikan konsep diri; 3) Mendeskripsikan prestasi belajar: 4) Menjelaskan signifikansi pengaruh kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika; 5) Menjelaskan signifikan pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini dilakukan di MTs Mujahidin Pontianak. Jumlah populasi sebanyak 45 peserta didik. Teknik dan instrumen pengumpulan data terdiri dari: 1) teknik tes dengan instrumen tes essay; 2) teknik komunikasi tidak langsung dengan instrumen lembar angket tertutup; dan 3) teknik studi dokumen dengan instrumen dokumen dan foto. Instrumen telah diuji validitasnya menggunakan validitas isi dan konstruk, uji validitas isi menggunakan indeks Lawshe diperoleh CVI=1,00, sedangkan uji validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori non parametrik dengan software smart PLS versi 4, dengan kriteria loading factor 0,7 diperoleh untuk tes essay 6 butir valid, angket kecemasan matematis 13 butir valid dan angket konsep diri 17 butir valid. Selanjutnya uji reliabilitas dengan cronbach alpha diperoleh 𝑟 = 0,799 untuk tes essay, 𝑟 = 0,913 untuk lembar angket kecemasan matematis dan 𝑟 = 0,756 untuk lembar angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis structural equation modeling dengan pendekatan partial lesat square. Berdasarkan pada analisis, diperoleh kesimpulan yaitu: 1) Kecemasan matematis memiliki nilai rata-rata presentase sebesar 69,5% termasuk kategori tinggi; 2) Konsep diri memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 75,4% termasuk kategori sangat tinggi; 3) Prestasi belajar memiliki nilai rata-rata sebesar 65,167 termasuk kategori kurang; 4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kecemasan matematis terhadap prestasi belajar matematika; 5) Terdapat pengaruh yang signifikan dari konsep diri terhadap prestasi belajar. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kecemasan Matematis en_US
dc.subject Konsep Diri en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELLING DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE UNTUK MENGETAHUI PENGARUH ANTARA KECEMASAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI MTs. MUJAHIDIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account