PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD BAWAMAI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Habaridota, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.author Adilah, Nur
dc.date.accessioned 2025-02-06T04:32:07Z
dc.date.available 2025-02-06T04:32:07Z
dc.date.issued 2025-01-20
dc.identifier.citation Apa Style en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5938
dc.description.abstract NUR ADILAH. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di SD BAWAMAI Pontianak Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar di Sd Bawamai yang belum mencapai nilai kkm yang ditentukan yaitu 60-77. Dalam pelaksanaan pra survey peneliti mendapatkan hasil observasi yang menunjukan banyak peserta didik yang merasa bosan dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dengan model RCH mata pelajaran ipas tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD BAWAMAI Pontianak tahun ajaran 2024/2025. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD BAWAMAI Pontianak tahun ajaran 2024/2025. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD BAWAMAI Pontianak tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD BAWAMAI Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebanyak 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan teknik dokumentasi. Alat pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda (pre test dan post test) dan dokumentasi. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre test 68,12 dan nilai ratarata post test 78,12. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pre test 68,78 dan nilai rata-rata post test 92,12. 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD BAWAMAI Pontianak tahun ajaran 2024/2025. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject (PjBL) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD BAWAMAI PONTIANAK TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account